Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan monitoring dan evaluasi penerapan protokol kesehatan untuk menekan kasus penyebaran virus corona atau COVID-19.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, di Batulicin, Kamis mengatakan, dalam pelaksanaan di lapangan pihaknya melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta TNI dan Polri.

"Target kami pasar, Bank, rumah makan, tempat hiburan, toko modern serta fasilitas umum lainnya yang menjadi tempat berkumpulnya orang banyak," kata Sekda.
Dia mengatakan, evaluasi penerapan protokol kesehatan ini untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat yang wacananya akan menerapkan program "new normal" atau skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi.

Dalam hal, ini pemerintah daerah bertugas mengingatkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam berkegiatan sehari agar sesuai dengan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

"Inilah pola kehidupan baru yang harus dilakukan. Keluar rumah pakai masker, cuci tangan dan selalu jaga jarak," ujarnya.

DijelaSkan,  saat ini program new normal belum ditetapkan di "Bumi Bersujud" namun, masyarakat harus sudah siap apabila keputusan tersebut ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Dalam hal ini Pemerintah Daerah sangat mengharapkan masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mendukung pemerintah dalam memberantas penyebaran COVID-19.

"Perilaku masyarakat yang disiplin akan sangat membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penularan Covid-19 di wilayah kita," pungkas Rooswandi.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020