Tokoh olahraga Kalimantan Selatan Haji Abdussamad Sulaiman Haji Basirun, pada perayaan ulang tahunnya yang ke-66, Rabu (23/4) malam, mendapat kado khusus berupa "bola emas" dari Banjarmasin Post Group.

Kepada tokoh yang akrab disapa Haji Leman itu, grup media massa terbesar dan tertua di provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota tersebut juga memberi gelar "Bapak Sepak Bola" Kalimantan Selatan.

"Saya kira patut dan tidak salah kalau kami memberi gelar Bapak Sepak Bola Kalsel kepada Pak Haji Leman," ujar Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group H Pangeran Rusdi Effendi AR.

"Karena beliau (Haji Leman) konsisten dalam membina olahraga, khususnya sepak bola, di banua (daerah, red) kita," lanjut mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalsel yang gemar bermain tenis lapangan.

Sebagai contoh, PS Barito Putera, klub sepak bola yang menjadi kebanggaan masyarakat Kalsel sejak berdiri 26 tahun lalu, sampai saat ini masih tetap eksis, kendati menghadapi pasang surut prestasi dalam berlaga.

Barito Putera lahir atas inisiatif Haji Leman saat kondisi usaha yang ditekuninya belum stabil atau masih "hidup - bangun". Hal itu tak membuat surut upaya untuk menghidupkan sepak bola yang menjadi kegemaran masyarakat banyak.

Haji Leman aktif mengundang kesebelasan lain untuk menjadi mitra tanding Barito Putera. Selain itu melakukan laga tandang ke berbagai daerah guna meningkatkan pembinaan dan pengembangan prestasi agar kesebelasan ini dapat mengharumkan nama Kalsel di persada Indonesia khususnya.

Pengusaha yang sempat "jatuh - bangun", dan kini bisnisnya kembali berjaya itu mengaku, tak mengira kalau perayaan ulang tahunnya ke-66 mendapat kado Bola Emas dan anugerah gelar Bapak Sepak Bola Kalsel.

Seraya menyampaikan terima kasih, dia menyatakan, tak pernah mengharapkan apa-apa dalam membangun persepakbolaan di Kalsel, kecuali menginginkan kemajuan dan cabang olahraga tersebut tetap eksis.

Beberapa rekan sesama Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel, berpendapat, wajar kalau Haji Leman mendapat gelar "Bapak Sepak Bola" di provinsi tersebut.

"Saya kira tepat gelar Bapak Sepak Bola untuk Pak Haji Leman dari pada julukan pegila bola yang selama ini melekat pada beliau," ujar Sekretaris KONI Kalsel Sarmidi.

"Pak Haji Leman bukan orang asing dalam dunia keolahragaan di Kalsel," lanjut Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin itu.

Pendapat senada disampaikan mantan anggota DPR-RI asal Partai Golkar Zain Noktah Asli dan mantan Bupati Tabalong Noor Aidi saat penganugerahan gelar Bapak Sepak Bola tersebut.

Haji Leman yang lahir pada 21 April 1948 bersamaan tanggal kelahiran Raden Ajeng Kartini tersebut, kini juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Kalsel.

Ia selalu ingin berusaha mengharumkan nama daerah Kalsel. Sebagai contoh ketika Pengurus Pusat PWI mencari tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XI sebagai pengganti Jawa Timur, Haji Leman serta merta menyatakan siap mendukung Kalsel sebagai penyelenggara pesta olahraga wartawan tersebut.

Kendati usianya sudah tergolong lanjut atau lansia, dukungan yang diberikan pengusaha terkenal di Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng) itu bukan cuma secara moril dan spiritual, tapi juga materiil serta dukungan tenaga atau tim pelaksana kegiatan.

Oleh sebab itu, pembiayaan Porwanas XI yang dirangkai dengan Kongres XXI PWI di Banjarmaisn tahun 2013 yang mencapai Rp9 miliar tersebut tidak sepenuhnya menjadi tanggungan Pemprov Kalsel.

Pernyataan kesiapan menjadi tuan rumah Porwanas XI dan Kongres XXI PWI saat itu disampaikan dalam pertemuan Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin, Ketua DPRD Provinsi Kolonel Inf (Purn) Nasib Alamsyah, dan Haji Leman.

Kemudian dalam tempo kurang dari satu tahun mempersipakan, pesta akbar insan pers yang tergabung dalam PWI berlangsung di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel atau "Bumi Lambung Mangkurat" September tahun lalu.

Meski usianya terus merangkak menuju lansia, Haji Leman akan terus berkiprah mengharumkan daerah Kalsel, baik dengan terus mengembangkan sepak bola dengan Barito Putra-nya maupun melalui dukungan terhadap berbagai kegiatan lainnya.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014