Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap pertama yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten setempat, sebesar Rp749.700.000.

Penyerahan langsung secara simbolis oleh Bupati Balangan, H Ansharuddin kepada warga kurang mampu di tiga kelurahan yakni Kelurahan Paringin Kota 125 KK, Kelurahan Paringin Timur 160 KK, dan Kelurahan Batupiring 101 KK, serta Mahasiswa daerah yang berada di luar Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 14 orang di Malang dan 16 orang di Yogyakarta.

Disebutkan Anshar, adapun jumlah bantuan yang diserahkan sebanyak Rp249.600.000/bulan di kali 3 bulan totalnya Rp749.700.000.

"Total bantuan yang yang diberikan sebanyak Rp600.000/KK. Adapun dana yang diserahkan bersumber dari APBD Kabupaten Balangan sebanyak Rp500.000 dan APBD Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak Rp100.000," sebut Anshar.

Ansharuddin menyampaikan, BST diperuntukan kepada orang tidak mampu, yang terdampak langsung Covid-19, dan yang belum ter-cover oleh bantuan lainnya. Seperti bantuan pangan nontunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH), dan bantuan langsung tunai (BLT).

"Jadi memang masyarakat yang terdampak Covid-19 di luar penerima program PKH, BNPT dan BLT dari pemerintah pusat akan menerima program bantuan BST dari pemerintah daerah atau BLT dari dana desa," ujarnya.

Bagi warga yang telah mendapat program BST dari pemerintah daerah, Ansharuddin minta untuk tidak iri ketika ada warga lain yang menerima pembagian BLT dari pemerintah desa.

"Sebab BLT dari dana desa diperuntukan bagi warga terdampak Covid di luar penerima program PKH, BNPT dan BLT pemerintah daerah. Tujuannya tentu saja adalah agar tidak tumpang tindih dan bisa lebih merata, serta tepat sasaran," jelas Anshar.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020