Oleh Yose Rizal

Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan menilai pemilih pada pemilihan umum legislatif di kota itu, cerdas dalam menyalurkan hak suaranya pada pemilihan umum legislatif 2014.

"Pemilih di Banjarbaru cerdas karena mereka sudah menyalurkan hak suaranya pada pemilih legislatif sehingga partisipasi pemilih tinggi," ujar Ketua KPU Banjarbaru Husein Abdurrahman, Rabu.

Ia mengatakan, jumlah pemilih yang menyalurkan hak suaranya pada pemilu legislatif 9 April 2014 mencapai 76,02 persen dari total pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap sebanyak 143.022 orang.

Dijelaskan, partisipasi pemilih di atas 75 persen itu melampaui target partisipasi nasional sehingga pihaknya mengapresiasi sikap pemilih yang sudah menggunakan suaranya pada pemilu legislatif lalu.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi pemilih karena sudah menggunakan hak suaranya dalam mendukung pesta demokrasi memilih wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif," ungkapnya.

Menurut dia, pemilih cerdas tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak dalam membantu sosialisasi pemilu yang dilaksanakan KPU baik peran tokoh agama, tokoh masyarakat maupun media massa.

"Tokoh agama, tokoh masyarakat dan media massa baik cetak maupun elektronik berperan besar dalam sosialisasi sehingga masyarakat dan pemilih mengetahui pemilu legislatif dan menyalurkan haknya," ujar dia.

Dikatakan, KPU melalui berbagai cara juga berupaya meningkatkan kesadaran pemilih menggunakan hak demokrasinya melalui tahapan pemilu yang dilaksanakan sejak jauh-jauh hari.

Disebutkan, tahapan sosialisasi yang dilakukan mulai dari memasang daftar calon anggota legislatif di media massa maupun di website resmi KPU termasuk menyampaikan tata cara pemilihan kepada pemilih.

"Waktu yang cukup panjang selama sosialisasi sampai masa kampanye membuat pemilih bisa menentukan pilihan sehingga di hari pemungutan suara mereka menggunakan haknya secara cerdas," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014