Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dari kementeriaan pekerjaan umum akan dilaksanakan di 12 desa di Tabalong, Kalimantan Selatan.

Penetapan lokasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat berdasarkan keputusan Dirjen cipta karya nomor 36/Kpts/DC/2014, kata Kepala Bappeda Tabalong, Erwan di Tanjung, Kamis.

"Dari 12 desa sasaran rogram pamsimas masing-masing delapan desa mendapat bantuan dana APBN dan empat desa bersumber dari APBD kabupaten," ujarnya.

Delapan desa yang mendapat program Pamsimas dari kementerian pekerjaan umum yakni Desa Kasiau Raya, Desa Bongkang, Desa Mangkupum, Desa Kampung Baru, Desa Uwie, Desa Garunggung, Desa Kembang Kuning serta Desa Bumi Makmur.

Untuk empat desa yang mendapatkan bantuan sistem penyediaan air minum dari APBD masing-masing Desa Talan, Desa Salikung, Desa Simpung Layung dan Desa Wayau.

"Program Pamsimas memang diprioritaskan bagi masyarakat desa yang kesulitan mengakses sarana air bersih dan sanitasi," tambah Erwan.

Koordinator program Pamsimas di Tabalong, Zainoor Rahman mengatakan, dengan terbitnya surat keputusan Dirjen Cipta Karya terkait penetapan lokasi Pamsimas, selanjutnya akan dilakukan sosialisasi dan perencanaan dengan melibatkan para fasilitator.
 "Sosialisasi program Pamsimas akan segera kita laksanakan karena desa sasaran program sudah terbit," kata Zainoor.

Sebelumnya Bappeda Tabalong melakukan survei sumber air bersih di tujuh lokasi tersebsr di Kecamatan Upau dan Muara Uya untuk mengukur debit air, kafar mineral dan phnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014