Sedikitmya 166 personil gabungan dari Polres Hulu Sungai Utara, Kodim.1001 Amuntai, Satpol PP, Dishub, TRC dan Sekom diterjunkan memgamankan malam jelang lebaran dI Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kegiatan patroli diarahkan kebebarapa lokasi yang biasanya menjadi tempat kerumunan warga diantaranya bundaran depan Mesjid Raya At Takwa Amuntai,  kawasan patung Itik, taman Putri Junjung Buih dan beberapa lokasi lainnya.

"Sejak sore sudah kita upayakan agar tidak terjadi kerumunan warga yang biasanya terjadi dimalam jelang lebaran," ujar Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto di Amuntai, Sabtu.

Pipit mengatakan, pelaksanaan patroli bersekala besar salah satunya untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap terjaga terutama antisipasi pada malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1441 H dan  kerumunan masyarakat lainnya di masa Pandemi COVID-19.

Petugas secara persuasif memberikan pemahaman dan meminta warga yang mulai terlihat berkerumun untuk segera membubarkan diri dan merayakan malam takbiran dirumah saja.
 
Secara persuasif warga diminta tidak berkerumun, menjaga jarak dan mengenakan masker serta pulang kerumah untuk menghindari penyebaran Virus COVID 19. (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

"Patroli Gabungan Berskala Besar ini sebagai pelaksanaan Ops Ketupat Intan 2020  guna mendukung langkah dan kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah hukum Polres HSU terutama aktifitas masyarakat saat malam takbiran, meniadakan arak arakan Tanglung, antiaipasi  menyalakan petasan dan kembang api,  tutur kapolres lagi.

Pipit menambahkan, patroli gabungan juga digalakan diwilayah kecamatan dengan mensinergikan aparat dari Polsek, Kodim dan anggota Linmas desa.

Masyarakat dipersilakan mengumandangkan takbiran melalui corong suara di langgar dan mesjid tanpa untuk menyambut tibanya Idul Fitri tanpa melibatkan kerumunan warga di jalaanan.

Beberapa letusan kembang api tetap terdengar di sela kumandang takbiran meski tidak semeriah malam takbiran tahun sebelumnya.

Kebetulan hujan gerimis mengguyur Kota Amuntai dan sekitarnya pada Sabtu malam sehingga turut meringankan tugas petugas patroli dalam menjaga aktivitas kerumunan warga.

Hingga pukul 00.00 wita situasi malam jelang Idul Fitri di Kota Amuntai berlangsung aman tanpa gangguan kamtibmas yang berarti.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020