Kantor PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batulicin Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, dua bulan terahir tidak melayani calon penungpang kapal rute Batulicin-Surabaya, Batulicin-Sulawesi dan sebaliknya.

Kepala Cabang PT. Pelni Cabang Batulicin, Indra Maulana di Tanah Bumbu Sabtu mengatakan, Sejak awal April tidak melayani calon penumpang pada rute Surabaya, kemungkinanan pada Juni akan dibuka pelayanan.

"Untuk kepastian jadawlnya kami belum bisa memastikan tanggal berapa akan dibuka pelayanan," katanya.

Dia menjelaskan, penutupan pelayanan juga dilakukan untuk rute Pulau Laut Kotabaru-Pulau Sembilan dan sebaliknya.


Hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No 25 tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama musim mudik idul fitri 1441 H dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Selama pandemik dan pemberhentian pelayanan trasportasi laut, PT Pelni Cabang Batulicin akan terus berkoordinasi dengan Pelni Pusat terkait penyesuaian trayek dan jadwal keberangkatan kapal.

Namun sesuai intruksi Pelni pusat, pihak manajemen mengintruksikan kepada seluruh kantor cabang dan petugas kapal untuk dapat standby bila sewaktu-waktu kapal akandioprasikan.

"Hal ini dilakukan selain sebagai salah satu langkah untuk memutus mata rantai pemnyebaran COVID-19 di Indonesia, selain itu juga terkait kebijakan pemerintah daerah terkait pembatasan penumpang," ujarnya.

Pelni saat ini juga menjalankan protokol kesehatan yang sesuai dengan arahan Kemenkes RI.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020