Barabai, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, terus melakukan persiapan untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional bagi siswa SLTA antara lain dengan melaksanakan shalat hajat bersama.

Kepala Dinas Pendidikan HST M Yusuf di Barabai, Jumat mengatakan, pelaksanaan shalat hajat diharapkan akan membuat para peserta ujian nasional (UN) lebih tenang dan fokus dalam belajar dan mengerjakan soal nantinya.

Menurut dia, sebelumnya pihak sekolah juga telah melaksanakan kegiatan salat hajat dan doa bersama di sekolah masing-masing .

"Dengan kegiatan salat hajat dan doa bersama ini yang difasilitasi oleh Dinas Pendidikan kabupaten HST, semoga pelaksanaan UN dapat berjalan dengan aman," katanya.

Selain salat hajat, setiap sekolah jugasudah melakukan dua kali try out pada dua bulan sebelumnya dan melakukan les mata pelajaran untuk mempersiapkan para siswa.

Yusuf juga melaporkan bahwa ujian nasional untuk tingkat SMA, SMK dan Madrasah Aliyah diadakan pada tanggal 14 sampai dengan 16 April 2014, dengan jumlah peserta sebanyak 2705 orang.

Sedangkan tingkat SMP dan MTs, ujian nasional akan diadakan pada tanggal 5 Mei sampai 8 Mei 2014, dengan jumlah keseluruhan peserta UN sebanyak 3616 orang dan peserta ujian nasional tingkat SD dan MI berjumlah 4916 orang siswa.

Sekretaris Daerah HST Rifani Aini mengungkapkan bahwa setiap peserta ujian nasional harus selalu menigkatkan usaha mereka dalam belajar.

"Tidak hanya belajar, berdoa pun juga menjadi hal yang diperlukan, selain itu jangan lupa minta restu kepada orang tua masing-masing, agar mendapakan hasil yang maksimal dan terbaik. Baik dari segi kualitas atupun kuantitas," katanya.

Lebih lanjut, Ia juga mengingatkan agar seluruh peserta ujian nasional selalu menjaga kondisi kesehatannya, agar siap menghadapi ujian nasional nanti.

Menurut dia, mental dan spiritual para sisawa harus terus dijaga sehingga tingkat stress dan kecemasan dapat diminimalisir.

"Setelah bekerja keras tentunya berdoa menjadi salah satu kunci kesuksesan, dan kita sebagai orang tua tentu ingin anak-anaknya mendapatkan hasil yang terbaik dalam ujian nasional kali ini. Semoga semua peserta ujian nasional di kabupaten HST lulus 100 persen," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, telah mendistribusikan soal UN SLTA ke seluruh kabupaten dan kota di Kalsel, diharapkan pada pelaksanaan UN kali ini berjalan lancar.

Kekurangan soal, sebagaimana yang terjadi pada tahun sebelumnya, tidak terulang, sehingga seluruh siswa bisa menyelesaikan soal dengan lebih baik.

Pewarta: Fatuhurrahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014