Puluhan narapidana (Napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Marabahan, Barito Kuala, Kalimantan Selatan  mendapat pembebasan dalam program asimilasi mendapat bantuan paket sembako dari Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS.

Pembagian dilakukan secara simbolis di depan kediaman Bupati Batola di Jalan Pangeran Antasari Nomor 1 Marabahan, Senin (18/5). 

Kehadiran para napi itu diangkut langsung Kepala Rutan Kelas IIA Marabahan Andi Gunawan. 

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengatakan, dibagikannya sembako kepada para napi asimilasi karena dinilai sebagai orang baru di masyarakat yang belum mendapatkan penghasilan sehingga perlu diberi bantuan unntuk memenuhi kebutuhan hidup sementara. 

Terlebih saat ini, menurut dia,  masyarakat tengah dilanda penyebaran wabah virus corona yang membuat semua orang kesulitan dalam bekerja dan berusaha. 

“Kami berharap dengan bantuan ini dapat membantu kebutuhan sementara bapak ibu sekalian,” kata Noormiliyani sembari memanjatkan doa agar wabah segera berlalu sehingga kehidupan bisa kembali normal. 

Di kesempatan pembagian sembako, bupati berpesan,  sekembalinya ke masyarakat para napi hendaknya bisa hidup normal sebagaimana warga lainnya. 

Dia  berharap,  para napi bisa mengambil hikmah dari perjalanan serta bertekad untuk tidak lagi mengulangi kekhilafan yang pernah dilakukan.

“Jadikan pengalaman sebagai pelajaran dan bapak ibu harus bertekad untuk tidak lagi mengulangi. Ingat anak isteri serta masa depan yang lebih baik,” pesannya. 

Salah seorang napi asimilasi Hanafi sangat bersyukur atas bantuan sembako yang diberikan Pemkab Batola.

Lelaki berusia 50 tahun itu mengatakan, bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan keluarganya. 

“Bantuan ini benar-benar sangat bermanfaat, terlebih saat ini saya belum bisa bekerja ditambah adanya wabah yang membuat semua orang kesulitan dalam berusaha,” papar lelaki yang bermukim di Komplek Dasa Maya II Alalak Selatan, Kecamatan Alalak. 

Sementara, Kepala Rutan Marabahan Andi Gunawan mengatakan, di tengah situasi wabah COVID-19 sekarang pihaknya terpaksa lebih memperketat kunjungan termasuk dengan pihak keluarga sendiri. 

Hal itu terpaksa dilakukan, ungkap dia,  untuk menghindari penularan,  mengingat jika satu ada yang terpapar maka akan membawa resiko bagi para napi lainnya. 

“Karenanya di musim corona ini saya tidak mengizinkan para tamu untuk kontak langsung. Jika ada ingin berkomunikasi kami menyediakan melalui telepon atau video call,” katanya. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020