'Sambil menyelam minum air' demikian dilakukan Tim Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Dinas Kominfo Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sambil melakukan kegiatan sosial bagi masker kain gratis sekaligus sosialisasi LAPOR kepada masyarakat.

Admin koordinator LAPOR HSU Agus Wahyudi di Amuntai, Jumat mengatakan, pihaknya turut prihatin dengan adanya kasus positif COVID 19 di Kabupaten HSU yang sebelumnya masih berstatus hijau.

"Kesadaran masyarakat untuk selalu mengenakan masker saat bepergian perlu terus digalakan untuk mencegah bertambahnya penyebaran COVID 19," ujar Agus.

Agus mengatakan, kegiatan bagi-bagi masker kepada para pengguna jalan ini serentak dilakukan oleh Tim LAPOR kabupaten/kota se Kalimantan Selatan.

Tim LAPOR HSU membagikan masker di bundaran Kota Amuntai, Jalan Ahmad Yani, Jalan Norman Umar dan lainnya. Sebanyak 300 buah masker kain ludes diberikan kepada masyarakat.
 
Tim LAPOR sebelum membagikan masker berfoto di depan kantor Kominfo HSU. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Agus menambahkan selain membagikan masker, masyarakat juga dikenalkan lagi tentang layanan LAPOR, bahwa layanan ini merupakan kanal masyarakat untuk menyampaikan aduan atau aspirasi melalui saluran online rakyat, atau bisa menggunakan sms kirim ke 1808.

Adanya Wabah COVID 19 membuat aktivitas mengumpulkan banyak orang untuk berbagai kegiatan tidak diperbolehkan, maka kegiatan sosialisasi pun  disisipkan melalui kegiatan sosial bagi masker gratis kepada warga.

Selaku admin koordinator LAPOR di HSU, Agus mengakui partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan melalui online di aplikasi LAPOR memang masih sangat rendah.

"Kita baru menerima sebanyak 28 pengaduan, sebanyak 21 aduan sudah dijawab," terangnya.

Ia mengakui jika sosialisasi kepada masyarakat juga masih kurang, meski sudah disosialisasikan melalui TV Kominfo HSU.

"Perlu sosialisasi langsung ke masyarakat, seperti ke sekolah, kampus, LSM hingga aparat desa," pungkasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020