Oleh Yose Rizal

Banjarbaru,  (Antaranews.Kalsel) - Kampanye hari pertama partai politik peserta pemilihan umum legislatif di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berjalan aman, tertib, dan lancar tanpa gangguan sepanjang kegiatan yang diikuti banyak massa itu.

"Kampanye hari pertama diisi PDIP dan Nasdem. Kegiatan berlangsung aman, tertib dan lancar," ujar Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarbaru AKBP Riko Sunarko melalui Kabag Operasi AKP Yacob, Minggu.

Ia mengatakan, kampanye hari pertama digunakan Partai Nasdem dengan melaksanakan jalan sehat dan sosialisasi di Komplek Bukit Permata Indah Kelurahan Sungai Ulin (dapil I) yang diikuti 300 orang.

Partai kedua yang juga menggelar kampanye adalah PDIP berupa acara peresmian monumen di Jalan Ahmad Yani Km 22 Banjarbaru (dapil IV) pukul 13.00 Wita-17.00 Wita yang diikuti 500 orang.

"Situasi di sekitar lokasi kampanye berlangsung aman terkendali dan tidak ada satu pun gangguan keamanan yang muncul apalagi menghambat jalannya rangkaian kegiatan politik tersebut," ungkapnya.

Menurut dia, setiap titik kampanye dijaga satu regu personel sebanyak 33 orang yang melakukan pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup sebagai bagian dari tugas kepolisian mendukung kelancaran kegiatan.

Dijelaskan, penempatan personel pengamanan dilaksanakan sesuai prosedur tetap yakni berjenjang sesuai ring pengamanan mulai ring satu di pusat kegiatan hingga ring tiga di luar lokasi kegiatan.

"Penempatan personel dalam pengamanan diatur dengan sistem ring sehingga jika terjadi sesuatu maka anggota yang bertugas di ring tersebut bertanggungjawab dan mengkoordinir langkah pengamanan," ujarnya.

Dikatakan, potensi kerawanan yang diantisipasi adalah mobilisasi peserta ke lokasi kampanye dan setelahnya baik kendaraan roda dua maupun roda empat termasuk kendaraan yang tidak memenuhi kelengkapan.

Potensi kerawanan lain adalah bertemunya massa antarparpol baik saat menuju lokasi kegiatan maupun selesai acara sehingga diantisipasi dengan pengaturan jalur lalu lintas agar massa tidak bertemu.

"Makanya, jika dibutuhkan sesuai kondisi di lapangan, kami melakukan pengawalan baik saat peserta datang ke lokasi kampanye maupun usai kegiatan sehingga situasi kamtibmas selalu terjaga," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014