Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terus menertibkan para pelaku penghisab lem (ngelem) jenis lem fox yang ada di kota tersebut.

Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarmasin, Kombes Pol Suharyono Sik SH di Banjarmasin, Kamis mengatakan, pihaknya beberapa hari ini sudah mengamankan beberapa pelaku penghisab lem.

Sebagian besar pelakunya adalah anak di bawah umur, dan itu yang menjadikan alasan kenapa pihak kepolisian harus melakukan penertiban terhadap para pelakunya.

Kapolresta memerintahkan kepada pihak Satuan Sabhara dan Satuan Reserse Kriminal agar selalu mengamankan para pelaku tersebut apabila menemukan anak-anak yang sedang asyik menghisab lem.

Ditertibkannya penghisab lem itu karena menurut kesehatan itu sangat merusak tubuh dan bisa membuat orang jadi merasa mempunyai halusinasi yang ke arah negatif.

Bukan itu saja, untuk menertibkan mereka, polisi kedepannya akan menindak tegas setiap pelaku penghisab lem dengan memberikan sanksi agar ada efek jera dan tidak melakukan perbuatan itu lagi.

"Setiap pelaku yang tertangkap selain kita data identitasnya juga diberikan pembinaan dan surat pernyataan, apabila masih saja mengulangi maka kita berikan sanksi tegas," ucapnya kepada Antara.

Dikatakannya, selain menertibkan para penghisab lem, polisi juga menertibkan para pelaku penyakit masyarakat seperti PSK jalanan, pemabuk, minuman keras, waria serta lainnya.

Untuk para pelaku penyakit masyarakat yang tertangkap dan diamankan maka langsung di tindak tegas karena masuk dalam tindak pidana ringan dan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Banjarmasin.

"Kita melakukan itu semua, agar terciptanya kondisi Banjarmasin ini yang aman dan tertib serta kondusif apalagi saat ini menjelang Pemilu 2014, semua kawasan/wilayah selalu dalam pengawasan dan pemantauan yang ketat," tutur pria berbadan kekar itu.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014