Oleh Imam Hanafi

Kotabaru,  (Antaranews.Kalsel) - Sebuah mobil Toyota Avanza dengan nomor polisi N 303 F warna abu-abu terbakar saat mengisi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sungai Taib, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kapolsek Pulaulaut Utara Inspektur Dua Tumbur Sirait, di lokasi kebakaran, Senin mengatakan, mobil tersebut terbakar diduga akibat terjadi konsleting pada kabel sound system.

"Penyebab terbakarnya mobil bukan karena BBM, tetapi akibat konsleting kabel pada sound system yang kemudian menjalar," katanya.

Saat mengisi BBM, kondisi mesin mobil sudah dimatikan, akan tetapi kunci kontak diduga masih on.

Menurut sejumlah warga yang melihat, melihat ada percikan api dari dalam mobil, petugas SPBU yang sedang mengisi BBM ke mulut tangki serta merta menghentikan pengisian dan mencabut selang dari dalam mulut tangki.

"Kondisi tersebut membuat sejumlah warga yang melihat langsung mendorong mobil tersebut ke luar lokasi SPBU," ujar dia.

Warga berhasil menarik mobil yang terbakar tersebut ke luar hingga sekitar 70 meter dari lokasi SPBU milik H syukur, dan isi dalam mobil serta interior mobil Avanza hangus terbakar.

Beberapa saat kemudian sejumlah mobil pemadam kebakaran milik Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kotabaru dibantu sejumlah mobil pemadam yang dikelola masyarakat berdatangan untuk memadamkan mobil yang terbakar tersebut.

Rencananya, pemilik mobil yang terbakar tersebut akan pulang ke kampungnya di Pulaulaut Selatan, naas saat mengisi BBM untuk persiapan pulang mobilnya terbakar.

Kapolsek Pulaulaut Utara menuturkan, pemilik mobil yang juga warga Pulaulaut Selatan dan sopir kini masih dalam pemeriksaan di Mapolres Kotabaru. Dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014