Barabai, (Antaranews Kalsel) - Mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Harman Husaimi diusulkan sebagai calon tunggal untuk mengisi kekosongan wakil bupati di daerah tersebut.

Usulan tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris DPD PKS HST Supriadi beserta rombongan kepada Bupati HST H Harun Nurasid diruang kerjanya, Kamis siang.

Menurut Supriadi, nama yang diajukan adalah calon tunggal yaitu Harman Husaimi, menggantikan Faqih Jarjanjani yang tidak bisa menyelesaikan tugasnya karena terkait kasus hukum.

"Pengusulan nama ini berdasarkan petunjuk KH Nawawi Hasan, yang tidak bersedia dicalonkan PKS menggantikan pak Faqih," katanya.

Supriadi menambahkan, PKS serius mengajukan cawabup sejak delapan bulan lalu dan mengingat waktu yang sangat sempit, yaitu tinggal 10 hari lagi waktu pengusulan akan berakhir, maka PKS langsung melakukan pertemuan dengan bupati.

"Dari hasil pertemuan dan pengajuan nama cawabup yang kita sampaikan tersebut, akan ditampung oleh bupati untuk proses selanjutnya," katanya.

Ketua DPD PKS HST Faqih Jarjani menjelaskan, dipilihnya nama Harman Husaimi dikarenakan yang bersangkutan telah mendaftar sebagai Cawabup di PKS, sementara KH Nawawi Hasan yang sebelumnya digadang-gadang PKS menyatakan tidak siap.

"Pengajuan ini pun bukan karena desakan GP Anshor, tapi lebih pada keseriusan PKS agar kekosongan Wakil Bupati segera diisi," katanya.

Perbedaan sikap disampaikan oleh DPC PPP HST melalui Wakil Ketua Jainuddin, menurut Faqih pihaknya memilih abstain, karena sampai saat ini PKS belum menerima persetujuan nama Cawabup dari Pengurus DPW PPP Kalsel.

Begitu juga dengan Ketua DPD Golkar HST H Saban Effendi menyatakan tidak mengusulkan nama Cawabup namun menyetujui langkah PKS dan partai lainya, untuk memasukan nama Cawabup sebagai sesama Partai Pengusung, menurutnya Partai Golkar saat ini lebih konsen untuk persiapan menghadapi Pemilu Legeslatif 9 April 2014 ini.

Sementara itu Cawabup Harman Husaimi ketika dihubungi via telpon menyambut baik dengan dipilihnya dirinya oleh DPD PKS HST sebagai calon pengganti Faqih Jarjani, serta menyatakan kesiapannya untuk mendampingi Bupati HST H Harun Nurasid jika dipercaya untuk memimpin daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014