Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggelar operasi pasar untuk untuk memenuhi kebutuhan barang pokok atau kebutuhan dapur bagi masyarakat yang terdampak Virus Corona atau COVID-19.

"Dalam operasi pasar ini, pihak pemda melakukan kerjasama dengan PT Telaga Asri Jaya dan PT Rahmad Perkasa yang merupakan agen LPG di Tanah Bumbu, "Kata Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagri) Tanah Bumbu, H. Deni Haryanto, di Batulicin Jum'at.

Dia mengatakan, ini harus dilakukan untuk menanggulangi dampak sosial yang dirasakan oleh masyarakat disaat pandemi virus Corona.

Target dari kegiatan operasi pasar ini ditujukan kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah agar mampu memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau.

Kegiatan tersebut dilaksanakan diseluruh kecamatan yang ada di Tanah Bumbu dangan jadwal yang sudah ditentukan sejak 2-17 April 2020.

"Kemarin operasi pasar dilaksanakan di Kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Mantewe,' ujarnya.

Dikatakan H. Deni, Disdagri Tanah Bumbu menyiapkan 300 paket kebutuhan pokok seperti bersa, gula, minyak goreng, bawang dan lain-lain telah didistribusikan di setiap kecamatan.

Sistem pendistribusian kebutuhan pokok tersebut dilakukan dengan menyerahkan paket ke pihak Kecamatan. Dan selanjutnya pihak kecamatan menyerahkan ke desa dengan sistem kartu dan door to door guna mencegah berkumpul banyak orang.

Sementara itu, Kabid Perdagangan H. Ahmad Heriansyah, menambahkan pihak Disdagri sebalumnya juga melaksanakan monitoring harga untuk memastikan ketersedian bahan pokok dan bahan penting lainya diseluruh pasar dan distributor.

"Kami juga melakukan himbauan ke para pedagang untuk memakai APD pada saat melakukan kegiatan dan kami juga melaksanakan himbauan ke masyarakat agar tidak berbelanja dalam jumlah banyak karena akan memicu kenaikan harga," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020