Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah hadiri rapat koordinasi mekanisme pelaksanaan pemeriksaan LKPD Tahun 2019 dan penanganan Virus Corona, Senin (13/4).

Rakor yang berlangsung di Gedung KH Idham Chalid Banjarbaru itu dihadiri Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan. Rakor juga melibatkan melibatkan BPK RI Perwakilan Kalsel Tornanda Syifullah serta para Bupati/Wali Kota se-Kalsel.

Di hadapan Wakil Gubernur Rudy Resnawan dan Sekda Prov Kalsel Abdul Haris Makkie, Tornanda menyampaikan proses pemeriksaan LKPD tahun 2019 tetap dilaksanakan meski dalam situasi mewabahnya Virus Corona.

"Kita akan tetap menjalankan proses pemeriksaan dengan tetap mengikuti imbauan pemerintah yakni mengurangi interaksi fisik," ucap Tornanda.

Tornanda mengatakan, secara teknis dalam melakukan pemeriksaan, petugas lebih banyak berkoordinasi melalui teknologi video conference. Kalau pun harus melakukan kunjungan maka petugas akan dibatasi jumlahnya," katanya.

Karena keterbatasan interaksi yang bisa dilakukan, maka diharapkan daerah dapat menyiapkan dokumen yang akan diperiksa. Sehingga mengurangi intensitas pertemuan fisik.

Bupati HST, H A Chairansyah menyatakan pihaknya akan memfasilitasi segala yang diperlukan BPK.

"Pada prinsipnya kita akan selalu siap terhadap segala yang diperlukan BPK dalam hal pelaksanaan pemeriksaan nantinya," ucap Bupati.

Ihwal penanganan COVID-19, Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan selaku pemimpin rapat membicarakan koordinasi antar kabupaten/kota dalam mengatasi wabah Corona.

Salah satu pembahasan terkait pembagian bantuan dari Pemprov Kalsel kepada masing-masing kabupaten/kota di mana jumlah bantuan akan disesuaikan kebutuhan berdasarkan laporan Gugus Tugas masing-masing.

"Untuk jaring pengaman sosial nanti Tim Gugus Tugas yang akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Provinsi untuk mendata jumlah kepala keluarga dan jumlah bantuannya," papar Wakil Gubernur.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020