Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalimantan Selatan menyulap mobil ambulan yang dimiliki menjadi sarana mobile test COVID-19.

"Jadi sekarang unit ambulan yang kami miliki bisa melakukan tes virus corona di tempat secara cepat baik melalui metode rapid test maupun tes swab," terang Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim di Banjarmasin, Jumat.

Dia mengungkapkan, armada ambulan yang sehari-harinya dioperasionalkan Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Imam Santoso Banjarmasin itu telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk memenuhi standar pelaksanaan tes virus corona.

Menurut Erwinn, ide awalnya guna memberikan perlindungan kepada petugas medis yang melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat sasaran tes COVID-19.

Dimana saat ini keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat suit yang menjadi standar penanganan pasien virus corona jadi kendala di lapangan.

Karena dengan armada ambulan mobile test COVID-19 milik Biddokkes Polda Kalsel, petugas medis cukup mengenakan APD level dua yaitu baju laboratorium, pelindung muka dan masker serta sarung tangan.

"Jadi dengan mobil ambulan yang telah dimodifikasi ini berupa pemasangan dinding mika sehingga antara petugas dan orang yang dites tidak saling bersentuhan, maka relatif aman bagi petugas dari potensi paparan COVID-19," jelas alumni Sekolah Perwira Prajurit Karier Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (SEPA PK ABRI VI) tahun 1999 itu.
 
Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim bersama ambulan yang menjadi sarana mobile test COVID-19. (ANTARA/Firman)


Erwinn berharap, inovasi tersebut dapat ditiru oleh siapa pun, sehingga tenaga kesehatan yang sangat rentan risiko terpapar COVID-19 dapat diminimalisir. Sedangkan bagi masyarakat, dengan adanya armada secara mobile itu dapat melakukan pemeriksaan tes corona kapan saja dan dimana saja tinggal menghubungi petugas.

"Siapa pun yang membutuhkan untuk pelaksanaan tes corona ini kami siap membantu. Tapi tentunya untuk bahan tes silahkan menghubungi fasilitas kesehatan untuk menyiapkannya," timpal lulusan sarjana di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga itu.

Diketahui jika Biddokkes Polda Kalsel telah mendapatkan bantuan Rapid Test COVID-19 dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri sebanyak 140 pcs yang sementara ini hanya bisa dipergunakan untuk keperluan internal anggota Polri di Bumi Lambung Mangkurat.
   

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020