Oleh Ulul Maskuriah

Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ribuan warga di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan hingga kini masih belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga dikhawatirkan akan banyak warga yang golput karena tidak terdata sebagai pemilih.


Bupati HST Harun Nurasid di Barabai, Selasa mengungkapkan, masih banyaknya masyarakarat yang belum masuk DPT tersebut, menjadi tugas dan pekerjaan rumah camat dan para kepala desa untuk membantu warganya agar dapat memanfaatkan hak pilihnya.

"Apalagi pemilihan umum 2014 yang terhitung kurang dari dua bulan lagi, sehingga berbagai persoalan harus segera dituntaskan," katanya.

Menurut Harun, banyaknya persoalan terkait DPT ini, perlu segera dituntaskan karena agenda nasional ini sangat penting untuk menentukan masa depan daerah dan bangsa ini hingga lima tahun ke depan.

Harun menghimbau, seluruh pihak untuk senantiasa aktif membantu menyukseskan seluruh proses dan kegiatan persiapan pelaksanaan pemilu legislatif ini, sehingga warga dapat benar-benar menggunakan hak pilihnya atau tidak golput.

"Dalam Pemilu mendatang kita mengharapkan terlaksana dengan baik, lancar dan aman sehingga dapat melahirkan pemilu yang baik pula," katanya.

Begitu juga dengan wakil rakyat yang terpilih, benar-benar dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat yang diwakilinya, sehingga penting untuk para pemilih untuk lebih mengenal calon mereka.

Harun juga mengingatkan, agar warga tidak sampai kecolongan lagi dalam memilih calon, masyarakat harus benar-benar jeli memilih para calon yang bisa memperjuangkan pembangunan di daerah masing-masing.

Seperti contoh, pada pemilihan umum sebelumnya, Dapil 2 yang meliputi wilayah Haruyan, Labuan Amas Selatan, justru memilih calon dari daerah lain, sehingga para calon yang terpilih tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal, karena tidak mengenal secara pasti kebutuhan daerah yang diperjuangkan.

Idealnya, akan lebih baik bila paling tidak setengahnya dari jumlah kursi bisa diraih oleh perwakilan haruyan dan Labuan Amas Selatan sendiri karena mereka yang lebih tahu persoalan, kebutuhan dan lebih dekat dengan warga yang diwakilinya.

  "Selain itu, bila wakil yang dipilih berasal dari daerah masing-masing, akan memiliki rasa cinta pada daerah pemilihan masing-masing," katanya.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014