Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Utara berhasrat ingin menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi X pada 2017 mendatang.

"Kami ingin menawarkan diri sebagai tuan rumah Porprov X kepada pengurus KONI ataupun Pemerintah Provinsi," kata Abdul Wahid, Bupati Hulu Sungai Utara, usai pembukaan Pekan Olahraga Provinsi IX di stadion Demang Lehman Martapura, Minggu (15/12).

Abdul Wahid mengaku hal tersebut sudah disampaikan secara lisan kepada Ketua Umum KONI Kalsel H Sulaiman HB dalam satu kesempatan pada pembukaan Porprov IX 2013 Kabupaten Banjar.

Beberapa fasilitas olahraga sudah dianggap cukup memenuhi syarat untuk penyelenggaraan Porprov seperti kolam renang, gedung bulutangkis dan lain-lain. Namun diperlukan pembenahan stadion, dan ditargetkan akan melebihi kemegahan stadion Demang Lehman Martapura.

Sementara pada Porprov IX 2013 di kabupaten Banjar, kontigen HSU ditargetkan mampu memperbaiki peruingkat di banding Porprov XVIII sebelumnya di Kotabaru yang hanya menduduki sepuluh besar perolehan medali.

"Kami menargetkan naik peringkat perolehan medali hingga diatas sepuluh dengan 13-15 medali emas," kata H Barkati, Ketua KONI HSU.

Raihan tersebut diharapkan diperoleh dari beberapa cabang olahraga unggulan yang dapat menyumbangkan medali seperti biliar, gulat, catur, tenis lapangan putri, judo dan silat.
 
Dan bonus uang disediakan bagi atlit HSU yang mampu mengangkat nama daerah dengan raihan medali adalah 17,5 juta untuk emas, 7,5 juta (perak) dan 3,5 juta bagi peraih perunggu.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013