Sejumlah tokoh menghadiri haul ke-15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani akrab disapa Abah Guru Sekumpul dan berbaur dengan jutaan jamaah yang memenuhi kawasan Sekumpul Kota Martapura, Ahad.

Salah satu tokoh yang yang hadir yakni Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024 Ahmad Muzani. Pejabat tinggi negara itu nampak berjalan kaki menuju musala Ar Raudhah yang menjadi pusat prosesi haulan.

Sebelum menuju ruang induk musala, politisi Partai Gerindra itu berjalan kaki ke sejumlah lokasi, memantau ratusan ribu bahkan mencapai jutaan jamaah yang datang dari berbagai pelosok Kalsel dan Kalimantan lainnya.

Jamaah juga berdatangan dari Pulau Jawa, Sumatera dan negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam serta Singapura termasuk ulama dan habaib dari Timur Tengah yang ikut prosesi haul ulama besar itu.

Salah satu lokasi yang didatangi wakil rakyat tingkat pusat itu adalah Media Center Jurnalis Banjar yang menjadi tempat bagi sejumlah media untuk menyiarkan berita terkait haul ulama kharismatik Kota Martapura itu.

"Saya sangat apresiasi haul Abah Guru Sekumpul ini karena menjadi sarana silaturahmi bagi jutaan jamaah yang hadir, semoga kita semua mendapat keberkahan dari haul ini," ujarnya.

Selain Waket MPR RI, tokoh lainnya yang hadir adalah mantan calon wakil presiden Sandiaga Salahudin Uno dan diketahui sudah berada di dalam ruangan induk musala Ar Raudhah sejak siang hari.

Haul Abah Guru Sekumpul selain menyedot jutaan jamaah yang datang dari berbagai daerah, juga selalu dihadiri pejabat baik tingkat nasional, maupun Kalsel dan pejabat kabupaten serta kota lainnya di provinsi itu.

Puncak prosesi haul dilaksanakan Ahad malam usai shalat Maghrib yang diisi pembacaan doa dan syair Maulid Habsy yang memang rutin dibacakan di musala sekaligus makam Abah Guru Sekumpul itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020