Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman dalam rangka meningkatkan efektifitas, produktifitas, dan relevansi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menghadapi Program Kampus Merdeka.

Nota Kesepahaman ini ditandatangain oleh Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, M. S., dan Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi., M.Si., M.Sc., dan dihadiri oleh Wakil Rektor IV Unsoed Dr. Ir. V. Prihananto, M.Si., semua Wakil Rektor ULM, Sekretaris Senat ULM, Ketua Senat Fakultas, Dekan, Ketua Lembaga, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Kabag Kesma dan Humas Unsoed, Kabag Kerja Sama dan Humas ULM, Direktur IRO Unsoed, Kepala UPT Layanan Internasional ULM serta Ketua dan UPKH fakultas dan Pascasarjana di lingkungan ULM.

Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, M. S., menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rektor ULM atas sambutan hangat terhadap Unsoed.

"Dengan terlaksananya penandatanganan MoU ini diharapkan kerjasama dari pihak terkait kedepannya dalam menghadapi kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka," katanya.

Kerjasama yang dapat terjalin antara kedua belah pihak meliputi pertukaran dosen baik dari Unsoed ke ULM atau sebaliknya, terbukanya kesempatan mahasiswa Unsoed mengambil semester di ULM dan mahasiswa ULM ke Unsoed, hingga kerjasama dalam hal penelitian mengingat perbedaan wilayah dan kondisi alam antara ULM dan Unsoed. Ditambah lagi mengenai Badan Layahan Umum (BLU) yang mana Unsoed sudah memiliki pengalaman yang bisa dibagi kepada ULM.
Dalam sambutannya, Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi., M.Si., M.Sc., menyebutkan bahwa semua harus menyambut baik kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar demi kebaikan universitas dan mahasiswa sebagai peserta didik. 

Untuk itu, diperlukan sinergitas antar lembaga pendidikan tinggi di Indonesia maupun di luar negeri. Beliau menilai kerjasama antar Unsoed dan ULM merupakan kerjasama yang sangat baik dan akan segera di implementasikannya. 

Dalam waktu dekat ini pertukaran dosen merupakan usulan yang menarik menurut beliau pada kesempatan ini tidak lupa beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada Rektor Unsoed atas kesediaannya berhadir di ULM. 

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020