Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 14 orang anak buah Kapal Layar Motor Sumber Bahari, pengangkut 700 ton kernel, yang kondisinya miring hingga 45 derajat akibat terseret arus deras di Perairan Kotabaru, Kalimantan Selatan, berhasil dievakuasi.

Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi Rizal Irawann didampingi Kasat Polisi Perairan Inspektur Satu H Sumari di Kotabaru, Sabtu, mengatakan ke-14 anak buah kapal (ABK) KLM Sumber Bahari berhasil dievakuasi dan semuanya selamat.

"Semua ABK kini dibawa ke Kantor Syahbandar Kotabaru," jelas Sumari.

Sementara kapal yang dinakhkodai Sirajudin (49), warga Sulawesi, itu kini dalam posisi miring di atas bangkai kapal KM Kannonsan yang tenggelam pada 31/1/2012, akibat terseret arus dan berbenturan dengan kapal lain.

Kejadian itu bermula, saat KLM Sumber Bahari melabuh jangkar di sekitar perairan Rampak, dan kapal terseret arus deras hingga sekitar 700 meter ke arah utara.

Sumber Bahari yang mengangkut 700 ton kernel dari Mamuju, Sulawesi Barat, seyogyanya membongkar muatanya di Pelabuhan PT Smart Tarjun.

"Namun karena terjadi antrean, sehingga kapal tersebut lego jangkar di Rampak sambil menunggu giliran," ucapnya.

Belum sempat membongkar barang muatanya, KLM Sumber Bahari itu larut terseret arus sekitar pukul 00.30 Wita hingga 700 meter ke arah pelabuhan Panjang Kotabaru.

Naas kapal yang membawa inti dari tandan buah segar (TBS) kelapa sawit tersebut tersangkut bangkai kapal KM Kanonsan dan akhirnya miring.

"Diduga lambung sebelah kanan robek yang menyebabkan posisi kapal jadi miring," imbuhnya.

Kepala Kantor Administrasi Pelabuhan Kotabaru Hasan Basri, menjelaskan, saat ini tim sedang menunggu air surut untuk membongkar sebagian muatan KLM Sumber Bahari, agar badan kapal bisa naik.

"Kini sedang dilakukan penyelaman untuk melihat kondisi yang sebenarnya, apakah ada bagian kapal yang robek sehingga kapal jadi miring," ujarnya.

Ia berharap setelah sebagian barang muatan dibongkar, badan kapal yang mengangkut bahan mentega itu bisa naik ke permukaan untuk dievakuasi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, semua ABK dan Nakhkoda selamat.

Sementara itu, pada Selasa 31 Januari 2012, KM Kannonsan yang mengangkut sekitar 800 ton semen dari PT Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun, tenggelam di perairan Kotabaru akibat berbenturan dengan kapal lain setelah terseret arus deras.

KM Kannonsan yang berencana membawa semen ke Toli-toli Sulawesi Tengah itu tidak dapat diselamatkan dan akhirnya tenggelam.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013