Kepolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Ahmad Arif Sofiyan mengakhiri masa tugas selama 1,3 tahun di Mapolres HSU dengan manis.

Dua hari sebelum serah terima jabatan di Mapolda Kalimantan Selatan, Senin (17/2) Arif meresmikan Gedung pelayanan terpadu Promoter Polres HSU dan lapangan tembak serta kolam pemancingan mini di dekat GOR Karias Amuntai.
 
. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

"Setelah satu tahun kita sudah melakukan pembenahan Mapolres HSU akhirnya terwujud Sentra Pelayanan Publik Promoter  terpadu untuk melayani masyarakat," ujar Arif di Amuntai, Senin.

Arif mengatakan, melalui peresmian gedung pelayanan terpadu diharapkan masyarakat semakin terpuaskan dengan pelayanan kepolisian seperti pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM), pelaporan, pengaduan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pengurusan tilang dan sebagainya.
 
Lapangan tembak Promoter di Polsek Amuntai Kota dekat GOR Karias diresmikan Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sofyan. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)
 
. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)


"Peresmian gedung promoter pelayanan terpadu Polres sebagai upaya kami meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dimana semua jenis pelayanan di Polres HSU dalam satu gedung," terangnya.

Setelah peresmian gedung pelayanan terpadu promoter, berlanjut peresmian lapangan tembak Promoter tepat dibelakang kantor Polsek Amuntai Kota.
Kapolres HSU bersama Ketua KONI H Ahmad Barkati dan Pengurus Perbakin. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

Pembangunan sarana untuk latihan menembak ini, kata Arif berkat kerjasama dengan pihak KONI dan Perbakin HSU diperuntuk bagi latihan anggota Polres, anggota Perbakin dan masyarakat umum.

"Selama ini menumpuk peluru di gudang Polres dan kita tahu apakah peluru-peluru tersebut masih aktif apa nggak," kata Kapolres.

Selain itu, lanjutnya, anggota Polres jika.ingin latihan menembak cukup jauh ke kabupaten tetangga bahkan Kota Banjarbaru yang jauh ditempuh.

Ketua KONI HSU H Barkati menyatakan KONI sangat terbantu dengan adanya lapangan tembak karena bisa menjadi sarana berlatih atlet.

"Kalau sarana latihan dengan senjata 'Airgun' sudah ada.di GOR Karias, tapi kalau untuk latihan menembak menggunakan  senjata api hanya ini satu-satunya," kata Barkati.
 
. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

Kapolres juga meresmikan lokasi memancing mini di kawasan kantor Polsek Amuntai Kota yang diperuntukan bagi masyarakat umum sehingga semakin mendekatkan hubungan anggota Polri dengan masyarakat.

Kolam memancing sudah aktif dipergunakan sejak Nopember 2019 bahkan sudah diselenggarakan event perlombaan memancing beberapa kali.

Selama.1,3 tahun bertugas di Kabupaten HSU, Ahmad Arif Sofiyan sudah banyak menelorkan program-program inovasi seperti diantaranya program HSU Jungaling (jumatan dan pengajian keliling), HSU SMS (sahabat membawa solusi), HSU Peka (peduli kaum dhuafa), HSU Pekamil (peduli kaum milineal).

Ada juga Program HSU Pedas (peduli komunitas), HSU Panas Membara (peduli anak sekolah memberikan bimbingan dan arahan), HSU Bergaul (bekerjasama dengan alim ulama), HSU Puber (peduli kebersihan).
 
Kapolres bersama ketua KONI, Perbakin dan jajaran Polres mancing bersama di kolam pemancingan mini. (Antaranews Kalsel/Eddy Abdillah)

Melalui berbagai program inovasi, Arif berhasil pula membawa Polres HSU menjadi Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) diharapkan tercapai pula nanti Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dimasa kepemimpinan Arif, juga dimulai pembangunan mesjid.di komplek Mapolres HSU yang merupakan mimpi bersama jajaran Polres HSU sejak lama.

Pada kesempatan itu, Arif selaku pribadi, atas nama keluarga dan Kapolres HSU menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak jika selama dirinya bertugas di Kabupaten HSU banyak kesalahan dan kekurangan.

Video berita terkait :
   
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020