Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Andi Abdurahman Noor Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menyiapkan satu ruangan khusus bagi calon pasien yang terindikasi terkena virus corona.

"Selain menyiapkan ruangan khusus, pihak rumah sakit juga membentuk tim medis yang terdiri dari dokter patologi klinik dan beberapa perawat untuk menangani secara khusus bagi calon pasien virus corona," kata Kepala Tata Usaha pada RSUD Tanah Bumbu, Saleh, di Batulicin, Jum'at.

Dia menjelaskan, sejauh ini di Kabupaten Tanah Bumbu tidak ada kasus penyakit virus corona, namun pihak rumah sakit tetap melakukan kewaspadaan dan mempersiapkan fasilitas-fasilitas sebagai penunjang dalam penanganan kasus tersebut.

Sebenarnya, pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui dinas terkait sudah menetapkan RSUD Tanah Laut dan RSUD Ulin Banjarmasin sebagai rumah sakit rujukan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan calon pasien yang ada di tanah bumbu langsun pergi kerumah sakit yang direkomendasikan.

Sehingga lanjut Saleh, RSUD Tanah Bumbu tetap mempersiapkan apa yang mkenjadi kebutuhan dalam menangani penyakit virus korona, dengan malakukan observasi bagi calon pasien diruangan khusus selama dua pekan.

Apabila hasil observasi menyatakan bahwa yang bersangkutan positif terjangkit virus corona maka, yang bersangkutan akan dilakukan rujukan ke rumah sakit yang sudah direkomendasikan oleh Pemprov Kalsel.

Pihaknya berharap, agar hal ini menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat khusunya bagi Warga Tanah Bumbu, agar tetap tenang dan jangan panik terhadap isu penyakit yang di sebabkan oleh viris corona.

"Agar terhindar dari segala mavcam penyakit mari kita terapkan pola hidup sehat, dengan cara mencuci tangan dengan sabun sehabis melakukan kegiatan, konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan gizi, gunakan masker saat beraktifitas di luar rumah," pungkas Saleh.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020