Kepolisian resort Hulu Sungau Utara Kalimantan Selatan sangat mendukung kegiatan gerakan pramuka sebagai wadah pembentukan karakter positif bagi generasi muda.

Melalui gerakan pramuka, selain mengikuti kegiatan khas kepramukaan, generasi muda  bisa pula menyalurkan bakat, kreasi dan kemampuan lain.

Kapolres HSU AKBP Ahmad Arif Sofiyan melalui Kabag Perencana Kompol H. Sumardi  di Amuntai Jum'at mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin bangsa kedepan.

"Kegiatan Pramuka mengajarkan mengenai wawasan kebangsaan, disiplin, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras sehingga membentuk generasi masa depan bangsa yang kuat," ujar Sumardi.
 
Mewakili Kapolres, Sumardi menyematkan tanda peserta perkemahan. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU)

Sumardi mengatakan, melalui Pramuka Saka Bhayangkara juga membentuk generasi muda sebagai patriot pembangunan dalam rangka mendukung tugas-tugas Polri yang semakin profesional dan terpercaya.

Membuka kegiatan perkemahan bakti Saka Bhayangkara, Sumardi  berharap keberadaan Pramuka bisa semakin inten dan berkualitas agar lebih banyak generasi muda yang bergabung.

"Gerakan Pramuka hendaklah menjadi pelopor melalui berbagai macam kegiatan kepramukaan di masyarakat." katanya.
 
. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU)

"Utamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotisme dalam membela kepentingan bangsa ditambah dengan mengkokohkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," katanya lagi.

Ratusan pelajar SLTA anggota gugus depan Pramuka turut serta semarakkan
Perkemahan Bakti Saka Bahyangkara tingkat cabang (Pertikarcab) Hulu Sungai Utara 2020 di Bumi Perkemahan Kecamatan Amuntai Utara.

Pertikarcab kali ini, dilaksanakan selama 4 hari, sejak 7 hingga 9 Februari 2020 dengan  mengedepankan peran Kanit Bintibmas dan Pramuka Saka Bhayangkara  dibawah koordinator Kasatbinmas

Ketua Pelaksana Pertikarcab HSU, Iwan Fajerianoor, dalam laporannya mengatakan ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Pertikarcab kali ini.
 
. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU)

Diantaranya kegiatan bakti ke masyarakat, bakti kesehatan, giat prestasi berupa lomba krida kesakaan dan teknik kepramukaan, duta Pramuka serta festival seni tari dan teater.

Dalam kegiatan perkerkemahan kali ini, diikuti masing-masing kontingen 33, dengan total sebanyak 231 peserta anggota Pramuka dari SMA sederajat yang ada di HSU di tambah peserta dari Saka Bahyangkara Kabupaten Barito Timur provinsi Kalimantan Tengah yang turut menyemarakkan kegiatan.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020