Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah turut berhadir pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang diadakan di halaman Kantor Sekretariat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (8/2).

Presiden RI H Joko Widodo (Jokowi), Ketua MPR, para menteri, duta besar, para gubernur dan bupati seluruh Indonesia hadir di puncak perayaan HPN yang bertema "Pers Menggelorakan Kalsel Gerbang Ibukota Negara." 

Baca juga: Presiden tiba di arena utama HPN 2020

Presiden dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari pers Nasional 2020. Semoga dukungan pers kepada pemerintah lebih maksimal dan masyarakat sehat adalah yang mendapatkan informasi yg sehat dan baik.

"Agenda ini merupakan momentum untuk meningkatkan pendekatan antara kalangan pers dengan masyarakat," katanya.

Baca juga: Presiden : Negara membutuhkan kehadiran pers

Kemudian, ajaknya lagi, seluruh insan pers di daerah ini dapat menjadi pelurus berbagai informasi hoaks yang akhir-akhir ini banyak dan dengan mudah berkembang di masyarakat.

“Bukan sebaliknya, tidak mau tahu atau justru ikut-ikutan menebar berita bohong. Pers harus tetap independen. Kalau pun mau memberikan kritik sampaikan dengan santun dan bermarwah, tanpa perlu menghujat atau menghakimi," sarannya.

Baca juga: Jokowi jadi buruan selfie jurnalis se Indonesia

Terpisah Bupati HST H A Chairansyah mengajak seluruh insan pers, khususnya yang bertugas di Bumi Murakata, menjadikan peringatan HPN 2020 sebagai penguatan peran jurnalis sebagai penghubung atau jembatan dan sekaligus ujung tombak ekonomi kerakyatan berbasis digital.

"Khususnya pembangunan ekonomi di Kabupaten HST ini," ajak Bupati Chairansyah seraya tidak lupa mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2020. "Baik atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten HST, kami ucapkan, ‘Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2020’ kepada seluruh rekan-rekan jurnalis. Utamanya yang bertugas di Kabupaten HST," kata Chairansyah.

Baca juga: Presiden Jokowi tanam Marsawa di Hutan Pers

Sebagai salah satu pilar demokrasi, Chairansyah juga berharap, seluruh wartawan berperan aktif, ikut mengawal sehingga Pemilihan Cagub Cawagub, Walikota, Bupati, Pembakal tahun 2020 mendatang, khususnya di Kabupaten HST, berlangsung aman, damai, sejuk dan demokratis.

Baca juga: Menteri LHK Tinjau Kesiapan Hutan Pers dan Miniatur Hutan Hujan Indonesia

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020