Pemanfaatan dana desa Kabupaten Balangan 2020 bakal diprioritaskan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, baik secara ekonomi maupun kualitas hidup masyarakat.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, H Abdul Hadi, usai melakukan kunjungan dan konsultasi tata cara pengelolaan Dana Desa Ke Kementerian Desa dan Keuangan RI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada kunjungan tersebut, tim DPRD Balangan disambut oleh Bagian Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa Felix, dan Subdit Dana Desa Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Yadi Hadian.

"Felix menjelaskan, Prioritas dana desa tahun 2020, diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan dibidang pelayanan sosial yang berdampak langsung pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat," ujarnya menyampaikan.

Untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, diutamakan untuk membiayai pelaksanaan program yang bersifat lintas kegiatan.

Diantaranya menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan, meningkatkan pendapatan ekonomi bagi keluarga miskin, dan meningkatkan pendapatan asli desa.

“Untuk penanggulangan kemiskinan diutamakan untuk membiayai program penanggulangan kemiskinan, melakukan pemutakhiran data kemiskinan dan melakukan kegiatan akselerasi ekonomi keluarga,” jelasnya lagi.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020