Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin kembali melakukan penertiban aturan berlalu lintas para pelajar dalam berkendara, baik roda dua maupun empat, terutama pada mereka yang belum cukup umur.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin AKP Hendri N Candra Sik di Banjarmasin, Jumat, mengatakan dirinya selaku pejabat baru sebagai Kasat Lantas itu akan melanjutkan program yang telah disusun sebelumnya.

Dalam program-program tersebut yang menjadi perhatian bagi dirinya itu adalah penertiban para pelajar yang menggunakan sepeda motor ke sekolah namun tidak memilik surat izin mengemudi dan ditambah belum cukup umur.

Untuk itu, demi keselamatan semuanya, maka dalam waktu dekat akan disusun penertibannya agar ke depan bisa menimbulkan efek jera terhadap pelajar dan memilih diantar orang tua atau bersepeda saat kesekolah.

Penertiban ini sangatlah penting, karena bagi para pengendara yang belum cukup umur atau masih anak-anak sangat bahaya menggunakan sepeda motor karena kondisi kejiwaan mereka masih labil dan emosional.

Ia mengatakan bahwa kali ini tata cara untuk melakukan penertiban pelajar itu diserahkan ke tim yang biasa melakukan razia di lapangan, sehingga dalam pelaksanaannya nanti tidak ada lagi kebingungan.

"Saya hanya meneruskan program-program kegiatan dari pejabat yang lama, dan penertiban pelajar ini menarik buat saya, sampai menunggu program saya yang baru dalam penanganan lalu lintas di wilayah Kota Banjarmasin," terangnya.

Selain fokus terhadap penertiban pelajar, pihaknya juga akan fokus terhadap arus lalu lintas di wilayah Kota Banjarmasin yang terlihat sedikit bermasalah karena adanya proyek jalan layang.

Satuan lalu lintas di bawah kepemimpinan yang baru, harus bisa ekstra sigap dalam penanganan kelancaran arus lalu lintas di lapangan, terutama yang mengarah kejalan-jalan alternatif proyek tersebut.

"Kita akan bersama-sama mengatur arus berlalu lintas di kota ini, dan kita akan ciptakan lalu lintas di Kota Seribu Sungai ini aman, nyaman, tertib dan lancar serta minim terjadi kecelakaan," jelasnya.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013