Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menyosialisasikan keselamatan angkutan jalan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota itu.

Kepala Dishubkominfo Banjarbaru Antoni Arpan, Jumat mengatakan, sosialisasi bertujuan menumbuhkan kesadaran siswa agar tertib berlalu lintas sehingga aman dan selamat saat berkendaraan di jalan raya.

"Sasarannya anak sekolah baik SMP maupun SMA karena mereka rata-rata menggunakan kendaraan ke sekolah sehingga harus diberikan pengetahuan mengenai keselamatan saat berada di jalan raya," ujarnya.

Ia mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas Polres Banjarbaru diwujudkan melalui penyampaian informasi terkait tata tertib dan aturan lalu lintas kepada siswa di sekolah.

Dijelaskan, pihaknya mendatangi langsung ke sekolah atau diundang menjadi pembina upacara sekaligus menyampaikan informasi mengenai tata tertib dan aturan lalu lintas saat menyampaikan amanat upacara.

"Ada lima sekolah tingkat SMP dan SMA yang kami datangi atau mereka yang mengundang sehingga bisa menyampaikan tata tertib dan aturan lalu lintas terkait keselamatan angkutan jalan," ungkapnya.

Dikatakan, materi sosialisasi yang disampaikan juga berupa pengenalan rambu-rambu dan marka jalan yang ternyata masih cukup banyak siswa belum mengetahuinya sehingga diharapkan mereka menjadi tahu.

"Cukup banyak siswa yang belum tahu dan bertanya tentang rambu dan marka jalan, harapan kami mereka mematuhi rambu-rambu sehingga tercipta kenyamanan, keamanan dan ketertiban lalu lintas," pesannya.

Ditekankan, sasaran sosialisasi memang diarahkan kepada siswa sehingga mereka mengetahui aturan dan rambu-rambu lalu lintas serta mematuhinya demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

"Jika siswa sudah mengetahui aturan diharapkan tidak ada lagi kebut-kebutan di jalan raya yang dilakukan siswa sehingga pengguna jalan aman dan nyaman berkendara," katanya.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013