Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Maskapai penerbangan Kalstar berencana membuka rute penerbangan bandara Gusti Syamsir Alam, Stagen, Kotabaru-Juanda, Surabaya, dan Kotabaru-Jakarta.

"Rencana membuka penerbangan Kotabaru-Surabaya sebenarnya sudah cukup lama, dan mudah-mudahan segera terwujud," kata Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani di Kotabaru, Kamis.

Saat ini tinggal masalah apron atau tempat parkir pesawat saja yang jadi persoalan, akhirnya diputuskan pesawat akan diparkir di Bandara Juanda yang lama.

Maskapai menghendaki, penerbangan Surabaya-Kotabaru dilakukan malam hari tetapi, lanjut Bupati, kami menghendaki sore hari.

Selain Kotabaru-Surabaya, Maskapai tersebut oleh Pemkab Kotabaru juga diminta untuk membuka penerbangan Kotabaru-Jakarta, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Irhami menerangkan, Kalstar akan mengoperasikan pesawat jenis ATR 72 dengan type 600, dengan kapasitas tempat duduk sekitar 72 seat.

Di bandara Stagen Kotabaru, kini juga telah beroperasi sejumlah pesawat reguler yang melakukan penerbangan komersial, seperti, Wings air, Kalstar, dan sejumlah pesawat calteran.

Pesawat-pesawat tersebut membuka penerbangan Kotabaru-Balikpapan (PP), Kotabaru-Makassar (PP), Kotabaru-Banjarmasin (PP).

Dengan kelancaran transportasi udara ke beberapa kota besar di Indonesia, bupati berharap mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi di daerah.

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013