Maskapai penerbangan Wings Air (Lion Air Group) berencana membuka penerbangan di Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Rencananya dalam waktu dekat maskapai tersebut mengoperasikan jenis ATR-72 Wing Air di Bandara Stagen dalam waktu dekat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru M. Riduan melalui Kabid Perhubungan Udara H. Paiman, Senin.

Menurut Paiman, pihak maskapai sedang melakukan uji daya dukung landasan pacu Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen.

"Karena daya dukung landasan pacu yang diminta adalah 28 ribu kilogram atau sekitar 53 LDS," terangnya.

Secara umum, lanjut dia, syarat minimal di Bandara Stagen telah memenuhi syarat untuk melayani pesawat jenis ATR-72.

Akan tetapi pihak maskapai masih perlu bukti lengkap bahwa landasan pacu Bandara yang kini panjangnya sekitar 1.650 meter dengan lebar 30 meter itu benar-benar dapat melayani pesawat ATR-72 dengan kapasitas penumpang sekitar 72 orang.

 Paiman mengemukakan, saat ini pihak maskapai telah melaksanakan penelitian atau uji labaroatorium untuk mengetahui kekuatan landasan pacu namun hasilnya masih belum ada.

"Jika hasilnya sudah ada dan kekuatan landasan pacu sesuai yang diinginkan maka pesawat Wings Air segera beroperasi di Bandara Stagen," jelasnya.

Rencananya, pesawat Wings Air akan membuka penerbangan Balikpapan, Sulawesi, Kotabaru dan Banjarmasin (PP).

Menurut dia, dengan beroperasinya Wings Air di Kotabaru diharapkan harga tiket lebih murah dibanding dengan yang lain.

"Insya Allah harganya akan lebih murah karena kapasitas pesawat lebih banyak dibanding dengan kapasitas Trigana Air dan Kalstar yang kini beroperasi di Bandara Kotabaru," ujar Paiman.

Selain harga tiket lebih murah penumpang juga mendapatkan kemudahan  bila hendak melanjutkan penerbangan ke daerah lain misalnya ke Jakarta, Surabaya atau yang lain menggunakan pesawat Lion Air hanya cukup transit karena Wings Air satu grup dengan Lion Air.(C/A)

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011