Kepala biro Kantor Berita Antara Kalimantan Selatan Nurul Aulia Badar melakukan kunjungan silaturrahim ke Pemkab Hulu Sungai Utara dan disambut hangat Bupati H Abdul Wahid HK didampingi Kepala Dinas Kominfo H Adi Lesmana di ruang kerja bupati.

Kepala biro Antara Kalsel Nurul Aulia Badar diantaranya menyampaikan beberapa program kerja Antara biro Kalsel yang bisa dilaksanakan bekerja sama dengan Pemkab HSU.

Beberapa program itu diantara pelatihan uji kompetensi wartawan se Kalsel, promosi investasi, parisiwsata ke manca negara, kerja sama pemberitaan yang lebih intens melalui portal Antara dan lainnya.

"Melalui jaringan Antara kami bisa membantu Pemkab HSU dalam mempromosikan investasi, potensi wisata dan lainnya," ujar Nurul Aulia Badar dI Amuntai, Senin.
 
Kabiro Antara Kalsel Nurul Aulia Badar menerima beras organik salah satu produksi unggulan dibidang pertanian, hanya Kabupaten HSU satu-satunya di Kalsel yang memproduksi beras organik bersertifikasi. (Eddy Abdillah)

Aulia yang akrab disapa 'Bang Olli' ini bersama crew wartawan Antara juga bermaksud melakukan peliputan kebeberapa objek diantaranya penetasan Itik alabio di Desa Mamar, pusat kerajinan Eceng Gondok di Desa Banyu Hirang dan potensi wisata Kerbau Rawa (Bubalus Bubalis) di Kecamatan Paminggir.

Bupati H Abdul Wahid menyambut antusias tawaran kerja sama LKBN Antara biro Kalsel dan berharap kerja sama semakin meningkat kedepannya.

Wahid juga menyampaikan beberapa potensi unggulan HSU yang tengah dikembangkan seperti budidaya tanaman Hidroponik di Kecamatan Amuntai Selatan dan produksi tanaman padi organik di Kecamatan Babirik.

Selepas kunjungan silaturrahim bersama Bupati HSU, Kabiro Antara Kalsel bersama tim peliputan mengunjungi salah satu peternakan milik H. Arsuni.
Mengunjui sentra penetasan Itik di Desa Mamar milik H Arsuni. (Eddy Abdillah)


Berlajut ke Desa Banyu Hirang tak jauh lokasinya dari Desa Mamar yakni mengunjungi Galeri kerajinan milik Supian Noor yang merupakan sentra kerajinan eceng gondok binaan Dekranasda dan disperindagkop HSU.

Berkunjung ke Kabupaten HSU sepertinya belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khas HSU yakni Itik Panggang dan salah satu rumah makan yang cukup terkenal di Alabio dikunjungi oleh tim Antara yakni Rumah malan H Apul.
 
Melakukan wawancara dengan pemilik Galeri kerajinan eceng gondok di Desa Banyu Hirang. (Eddy Abdillah)

Kebetulan Kabiro Antara Aulia Badar beserta isteri dan rombongan juga belum pernah melihat langsung peternakan kerbau rawa di Kecamatan Paminggir sehingga destinasi wisata yang eksotis ini menjadi menarik mengakhiri kunjungan di Kabupaten HSU.

Kalang kerbau milik H Fahri di Desa Tampakang menjadi tujuan tim Antara untuk menyaksikan puluhan kerbau rawa berenang menaiki kalang atau kandang saat sore hari.

Pada Selasa pagi, Kabiro Antara dan tim menerima kunjungan Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid ditempat Crew menginap di Hotel Balqis Amuntai.
 
Menerima kedatangan Ketua PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid.di Hotel Balqis Amuntai tempat crew Antara menginap. (Eddy Abdillah)

Anisah menyerahkan oleh-oleh berupa apam hambuku yang sudah di packing sebagai usaha industri kecil. Kuliner lainnya cemilan talipuk terbuat dari biji teratai, kebetulan Kabiro Antara merupaka ketua Komunitas Teratai di Kalsel sehingga sangat antusias mengetahui bahwa Kabupaten HSU potensial untuk pengembangan industri jenis pangan dari teratai. 
   

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020