Polsek Banjarmasin Timur melalui Unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) menegaskan dalam sosialisasi penerimaan anggota Polri tahun 2020 bersifat gratis hal itu disampaikan kepada siswa sekolah untuk menjadi anggota Polri.

"Mulai dulu penerimaann anggota Polri sifatnta gratis dan bagi masyarakat yang anaknya memenuhi persyaratan silahkan mendaftarkan saat ada pembukaan pendaftaran," kata Kanit Binmas Polsek Banjarmasin Timur, Iptu Murjianto di Banjarmasin, Senin.

Dia menambahkan, sosialisasi penerimaan anggota Polri itu dilakukan di hadapan 50 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin, saat dirinya menjadi pembina upacara di sekolah tersebut.

"Saya harapkan dengan adanya sosialisasi yang diberikan ini para pelajar ke depannya sudah dapat mempersiapkan diri lebih awal, baik fisik maupun mental apabila ingin menjadi anggota Polri," jelasnya.

Dirinya terus mengemukakan, mekanisme penerimaan anggota Polri melalui beberapa tahapan yang dimulai dari tahap pendaftaran, kemudian seleksi setelah lulus seleksi menjalani pendidikan setelah lulus barulah mengemban tugas-tugas menjadi anggota Polri.

Sekali lagi, perwira pertama Polri itu menegas, pendaftaaran Polri tidak dipungut biaya dan jangan pernah percaya kepada oknum-oknum yang nantinya bisa meluluskan peserta menjadi anggota Polri dengan membayar sejumlah uang.

Selain itu dia juga mengingatkan agar kepada seluruh siswa untuk tidak terlibat dalam pergaulan bebas yang mengarah pada pelanggaran atau pun di dalam penyalahgunaan narkoba yang dapat merugikan diri sendiri dan masa depan.

"Jangan sampai ada catatan hitam di kepolisian dan itu bisa menghambat para siswa untuk menjadi anggota Polri, Jadi mulai saat ini rajin-rajin belajar serta selalu mempersiapkan diri dengan baik," tambah dia.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020