Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta berharap dengan adanya kontes durian tersebut dapat memberi semangat untuk melestarikan buah lokal di Tanah Laut.

"Buah durian di Tanah Laut  memang berbeda dan cita rasanya terbaik dari durian lain yang pernah saya cicipi," ujar Sukamta, saat membuka Kontes Durian se-Tanah Laut, di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut, Senin (13/1).

Menurut Sukamta,  kualitas durian di daerah itu tidak kalah dengan durian di daerah lain dan harga durian di Tanah Laut relatif stabil.

"Saya kira durian bisa menjadi peningkatan pendapatan untuk rakyat Tanah Laut," ucap orang nomor satu di jajaran Pemkab Tanah Laut.

Untuk itu, dia berharap,  buah durian bisa menjadi salah satu penghasilan bagi masyarakat, sebab durian sangat cocok dengan kondisi iklim serta kelembaban di daerah tersebut.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Mustadi menuturkan, kontes durian  digelar tersebut diikuti 65 peserta dari 9 kecamatan dari 11 kecamatan yang ada, tanpa diikuti  Kecamatan Bumi Makmur dan Kurau.

"Tanah Laut memiliki lebih dari 1.000 jenis durian yang tersebar di desa-desa," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan,  juara 1, 2 dan 3 akan mewakili Kabupaten Tanah Laut  dalam kontes durian yang akan diadakan Pemprov Kalsel di Kiram pada tanggal 18 Januari 2020 mendatang.

“Kegiatan ini sebagai implementasi visi - misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Laut dalam meningkatkan pembangunan ekonomi  berkelanjutan,”terangnya.

Selain itu, ungkap dia,  untuk mencari kualitas durian lokal yang terbaik untuk  dijadikan maskot durian Kabupaten Tanah Laut, sehingga bibitnya bisa dikembangkan lebih lanjut.

"Juara 1, 2 dan 3 Insha Allah pohonnya akan menjadi pohon induk yang akan dikembangkan menjadi bibit. Baik itu melalui okulasi maupun sambung pucuk," jelasnya.

Maka dari itu, dia berharap,  kepada para pemilik buah durian agar jangan menjual atau menebang pohon duriannya.

Dalam kontes durian tersebut panitia mengumumkan Juara 1 diraih Toniansyah dengan nama durian Tangkai Panjang dari desa Bentok Darat, Kecamatan Bati-Bati.

Juara 2 diraih Lamsani dengan nama durian Adangan, dari Desa Panyipatan, Kecamatan Panyipatan dan juara 3 diraih Ahmad Salahudin dengan nama durian Simangkal dari Desa Asam-Asam, Kecamatan Jorong.

Sedangkan untuk juara harapan 1 diraih Ipul Jurai dengan nama durian Rangga Malang dari Desa Tungkaran, juara harapan 2 direbut Ibrahim dengan nama durian Tembaga dari Desa Atu-Atu dan juara harapan 3 direbut Syahri dengan nama durian Si Rabut dari Pelaihari.
Bupati Tanah Laut H Sukamta menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang Kontes Durian se-Tanah Laut, di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut, Senin (13/1).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020