Keberadaan ambulans air milik Polres Barito Kuala, Polda Kalimantan Selatan sangat membantu warga khususnya yang tinggal di wilayah pesisir.

Diberi nama "Ambulance Sejati, armada speedboat kecil multifungsi yang dioperasionalkan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Barito Kuala kerap digunakan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan atau dalam situasi darurat.

"Beberapa kali Ambulance Sejati membawa warga ke rumah sakit untuk melahirkan," terang Kapolres Barito Kuala AKBP Bagus Suseno di Marabahan, Minggu.

Diketahui jika Kabupaten Barito Kuala sebagian besar adalah wilayah pesisir sungai, sehingga jalur transportasi air menjadi sangat penting dalam keseharian warganya.

"Kadang jarak tempuh ke suatu tempat jika melalui jalur darat lebih lama, sehingga jalur sungai dengan speedboat akan lebih cepat. Inilah gunanya Ambulance Sejati untuk situasi emergency," tutur Bagus.

Untuk itu, dia meminta anggota Satpolairud dapat memaksimalkan sarana unggulannya tersebut dalam membantu banyak warga.

"Saya minta anggota Bhabinkamtibmas dapat menyebarluaskan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk penggunaan Ambulance Sejati, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya di saat membutuhkan," tandasnya.

Sementara salah satu warga Masitah (36) pernah mendapatkan pertolongan ketika ingin melahirkan. Dia dibawa menggunakan Ambulance Sejati menuju Rumah Sakit Ansyari Saleh Banjarmasin dari rumahnya di Desa Jelapat 1, Kecamatan Tamban.

"Alhamdulillah saya dibantu polisi menggunakan Ambulance Sejati, bayi saya lahir selamat dan ketika itu tiba di rumah sakit tepat pada waktunya karena sudah dalam kondisi pembukaan empat," ucapnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020