Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berhasil meningkatkan layanan masyarakat terkait pendudukan melalui program Sisir Kawasan Pedalaman (Sikadal).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu , Eka Safrudin, melalui Kabid Pelayanan Dafduk, Des Rizal Rachman di Batulicin Senin, mengatakan program Sikadal dilaksanakan secara bergantian di seluruh kecamatam.

"Setiap desa kami datangi untuk diberikan pelayanan kependudukan yang sebelumnya sudah dulakukan koordinasi antara pihak desa dan kecamatan yang di sampaikan langsung ke Disdukpencapil," katannya.

Setelah itu pihak Disdukcapil yang bertugas akan menjadwalkan pelayanan keliling pada desa yang sudah mengajukan untuk di datangkan pelayanan tersebut.

Keunggulan dari program Sikadal, salah satunya masyarakat desa terpencil tidak perlu lagi datang ke Kantor Disdukpencapil untuk berurusan.

Petugas Disdukpencapil akan datang ke desa yang bersangkutan untuk memproses dokuman masyarakat yang mengajukan hingga rampung pada hari itu juga.
Baca juga: Pemkab Tanbu wacanakan buka rute penerbangan Batulicin-Jakarta
Baca juga: Pemkab Tanbu gelontorkan Rp4 miliar untuk wisata

Rata-rata dalam satu hari petugas yang memberikan pelayanan mampu menyelasiakan dokumen warga desa terpencil hingga ratusan dokumen.

"Bajkan saat ini pelayanan di kantor Disdukpencapil Tanah Bumbu relatif sepi karena banyak terselaikan program sikadal," katanya.

Pewarta: Imam Hanafi/mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020