Program Sisir Kawasan Pedalaman (Sikadal) yang di luncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mampu meningkatkan pelayanan pada dinas tersebut sehingga dapat mempermudah masyarakat setempat yang hendak mengurus administasi kependudukan.

Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu , Eka Saprudin malalui Kabid Pelayanan Dafduk, Des Rizal Rachman di Batulicin Senin mengatakan, program Sikadal ini diterapkan dengan sistem bergilir di seluruh kecamatam.

"Setiap desa kami datangi untuk diberikan pelayanan kependudulan yang sebelumnya sudah dulakukan koordinasi antara pihak desa dan kecamatan yang di sampaikan langsung ke Disdukpencapil," katannya.

Setelah itu pihak Disdukcapil yang bertugas akan menjadwalkan pelayanan keliling pada desa yang sudah mengajukan untuk di datangkan pelayanan tersebut.

Keunggulan dari program ini salah satunya masyarakat desa terpwncil tidak perlu lagi datang ke Kantor Disdukpencapil untuk berurusan.

Sebab, pihak Disdukpencapil akan datang ke desa yang bersangkutan untuk memproses dokuman masyarakat yang mengajukan hingga rampung pada hari itu juga.

Rata-rata dalam satu hari petugas yang memberikan pelayanan mampu menyelasiakan dokumen warga desa terpencil hingga ratusan dokumen.

"Bajkan saat ini pelayanan di kantor Disdukpencapil Tanah Bumbu relatif sepi karena banyak terselaikan program sikadal," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020