PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui masa liburan panjang akhir tahun dengan kinerja jaringan yang baik secara nasional, termasuk di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Bahkan saat itu, trafik data di Kalsel dan Kalteng mengalami peningkatan signifikan,  sekitar 19% dan 17% dibandingkan trafik di hari normal.  Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai sekitar 300%. Layanan data Game menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Web Browsing dan Streaming.
 
Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan, kenaikan trafik data di kedua daerah tersebut sesuai dengan prediksi awal kami karena trend penggunaan layanan data memang terus meningkat di sana di saat libur panjang, seperti juga ketika lebaran lalu.

Kenaikan tersebut juga terpacu meningkatnya jumlah pelanggan data di kedua daerah, selain intensitas penggunaan layanan data oleh kebanyakan pelanggan yang bertambah guna mengisi masa libur. Upload foto dan video sepertinya sudah menjadi keharusan saat kita liburan di mana pun dan kapan pun.
 
Menurut Sofia, XL Axiata secara terus-menerus berupaya meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-arae baru di seluruh Indonesia.
 
Sesuai dengan perkiraan sebelum libur panjang, beberapa area yang mengalami kenaikan trafik data secara signifikan di Kalsel adalah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, yaitu sekitar 22% dibanding hari normal.

Apalagi di Banjarbaru sudah mulai beroperasi Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor sehingga menjadi pintu gerbang utama ke wilayah Kalsel baik dari wilayah dalam negeri maupun luar negeri. Martapura yang juga menjadi salah satu destinasi wisata lokal dan nasional, serta tujuan mudik lokal, juga memberikan kontribusi kenaikan trafik data, yaitu sekitar 64%.
 
XL Axiata juga telah memperkuat jaringan yang melayani area-area pusat keramaian dan aktivitas ekonomi di sekitar Kota Banjarmasin, antara lain di sepanjang sungai-sungai besar yang menjadi urat nadi ekonomi setempat. Termasuk juga di area yang meng-cover lokasi pasar terapung Lok Baintan di Sungai Martapura, yang menjadi tujuan wisata paling atraktif di Banjarmasin.

Sementara itu di wilayah Kalimantan Tengah, trafik data di Kota Palangkaraya sebagai ibukota provinsi naik sekitar 36%. Sementara itu, jalur Palangkaraya – Bandara Tjilik Riwut menjadi salah satu area yang juga mengalami kenaikan trafik. Jaringan data 4G XL Axiata juga telah meng-cover sepanjang jalan raya yang menghubungkan Kalimantan Tengah – Kalimantan Selatan sepanjang sekitar 195 km.


 

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020