Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar upacara peringatan perang kemerdekaan 2 Januari 1949 yang ke-71 tahun 2020, bertempat di Desa Hamayung, Kecamatan Daha Utara.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Hamayung, Kamis (2/1), mengatakan peringatan ini hendaknya membangun kesadaran bersama, bahwa persatuan dan kesatuan merupakan modal utama untuk melangsungkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kemajemukan suku, agama, budaya dan Kemajemukan lainnya, jangan sampai mencerai-beraikan bangsa kita. Berbagai perbedaan yang ada adalah suatu dinamika yang perlu kita hormati, dengan tetap menempatkan rasa persatuan dan kesatuan di atas segala-galanya,” katanya, dalam amanat sebagai inspektur upacara..

Dijelaskan dia, tantangan yang dihadapi pada era sekarang, tampaknya lebih berat dan lebih kompleks, berbagai isu yang dapat memecah belah persatuan sangat banyak dan bertebaran.

Diperlukan kecerdasan dan kearifan agar dapat memilah dan memilih informasi yang diterima ke depan, dan harus mampu memaksimalkan kebersamaan dan potensi yang dimiliki agar bisa menjadi daerah yang lebih maju.

Dan sesuai dengan visi Kabupaten mewujudkan Kabupaten HSS  yang Cerdas, Inovatif, Teknologis dan Agamis, demi terwujudnya kesejahteraan dunia dan akhirat, maka berbagai tujuan dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan hendaknya didukung sepenuhnya oleh masyarakat.

"Kami kembali berharap mudah-mudahan dengan kegiatan upacara peringatan pada hari ini, dapat merenungkan dan menghayati arti sebuah perjuangan dan pengorbanan, sehingga menjadi inspirasi untuk turut berperan aktif dalam pembangunan sesuai dengan peran, fungsi dan kewenangan masing-masing," katanya.

Setelah selesai pelaksanaan upacara peringatan tersebut, Bupati HSS menyerahkan secara langsung bantuan kepada para pejuang veteran atau keluarga veteran perang 2 Januari, dilanjutkan dengan peletakkan karangan bunga yang tidak jauh berada di samping tempat pelaksanaan peringatan upacara perang tersebut.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H.M Noor,M.AP, Ketua DPRD HSS H.Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, para kepala SOPD, para keluarga pahlawan, dan para peserta upacara lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020