Pemerintah Kota Banda Aceh akan mengembangkan sektor pariwisata olahraga atau sport tourism dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dari sektor pariwisata.

"Sekarang kita sudah berkembang lagi menyiapkan sport tourism yaitu menyiapkan berbagai fasilitas olahraga untuk menggait wisatawan domestik dan internasional," kata Walikota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Selasa.

Aminullah menyebutkan Banda Aceh sudah menjadi kota wisata sehingga harus melengkapi semua fasilitas baik dari segi cagar budaya, kuliner, seni budaya, serta mengembangkan berbagai kelebihan keindahan alam lainnya.

Baca juga: Aceh Perlu Galakkan Wisata Islami

Lebih lanjut, kata dia, Banda Aceh juga mulai mengembangkan sport tourism, mengingat kota ini memiliki potensi sektor tersebut untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dari pariwisata.

"Di Banda Aceh sudah ada lapangan tenis yang bertaraf internasional. Kemudian Persiraja Banda Aceh juga masuk Liga 1, orang akan banyak nanti datang ke sini, inilah dikatakan sport tourism," katanya.

Ia menambahkan pada 2020 Pemko Banda Aceh akan membangun sport center di kawasan Ulee Kareng, sehingga berbagai event olahraga dapat dilaksanakan di Banda Aceh dengan fasilitas yang lengkap dan sesuai standar.

"Nanti di sport center itu ada tenis, bulu tangkis, bola voli, maka apabila orang ingin melaksanakan event di banda aceh dari luar daerah kita punya fasilitas," katanya.

Baca juga: Simeulue promosi wisata melalui momen gerhana matahari cincin

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019