Oleh Rusmanadi

Tanjung, 13/10 (Antara) - Penulis novel Hery Hendrayana Haris atau lebih dikenal Gol A Gong menghadiri pembentukan Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Tabalong, Kalimantan Selatan.

Pembentukan FTBM Saraba Kawa yang merupakan inisiasi dari Perkumpulan Putra/Putri Saraba Kawa (Pusaka) itu dilakukan di Bengkel Ide Pembataan Kecamatan Murung Pudak di Tanjung, Sabtu.

"Terbentuknya taman bacaan merupakan upaya masyarakat secara mandiri untuk mendorong minat baca di Tabalong dan saya sendiri telah bertemu dengan kepala perpustakaan dan arsip daerah dan kepala dinas pendidikan untuk mendukung kelanjutan program ini," kata Gol A Gong.

Penulis yang juga sempat mengunjungi sejumlah lokasi program ambin baca di Tabalong itu berharap FTBM itu bisa menjadi wadah bagi taman bacaan lainnya untuk saling dukung, berkomunikasi dan berbagi tentang kendala maupun strategi dalam mendorong minat baca masyarakat.

Dalam pembentukan FTBM Tabalong itu, Direktur Perkumpulan Putra/Putri Saraba Kawa (Pusaka), Firman Yusi, terpilih sebagai ketua FTBM periode 2013 - 2016.

Selain itu, Gol A Gong yang merupakan penulis produktif dengan sekitar 120 buku itu juga melakukan tur Borneo unntuk menghadiri kegiatan workshop menulis di Kalimantan Timur.

"Selain menghadiri pembentukan taman bacaan masyarakat, Gol A Gong juga memberikan pelatihan pada workshop travelling writing dan pemanfaatan kardus bekas untuk pembelajaran bagi guru PAUD," jelas Direktur Perkumpulan Pusaka, Firman Yusi.

  Gol A Gong juga berkenan mengunjungi sejumlah taman bacaan masyarakat yang dibentuk perkumpulan pusaka yang saat ini jumlahnya sudah mencapai delapan buah di Kecamatan Jaro, Tanjung, Murung Pudak dan Tanta.    

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013