DPRD Kalimantan Selatan dalam hal ini Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan melakukan monitoring dan evaluasi atau monev persiapan pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) serta pemilihan bupati (Pilbup) di provinsinya tersebut.

"Pada kesempatan kunjungan dalam daerah kali ini kami melakukan monev di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kabupaten Balangan," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas SH MH di Banjarmasin, Senin.

"Kami atau kita semua tentu menginginkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau Pilgub dan Pilbup di provinsi kita Tahun 2020 kembali sukses," tegasnya sebelum bertolak ke HST dan Balangan menjawab Antara Kalsel.

Oleh sebab itu, lanjut pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, Komisi I DPRD Kalsel perlu melakukan monev terhadap persiapan pelaksanaan  Pilgub dan Pilbup atau Pilkada 2020.

"Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai Dra Hj Rachmah Norlias dari PAN dan Wakil Ketuanya H Syahdillah S.Sos MSi dari Partai Gerindra menginginkan tidak ada masalah sekecil apapun pada saat pelaksanaan Pilgub dan Pilbup atau Pilkada 2020 tersebut," tambahnya.

Kunjungan Komisi I DPRD Kalsel ke "Bumi Murakata" HST itu sekaligus menghindari undangan dalam rangka peringatan Hari Jadi (Harjad) pemerintah kabupaten (Pemkab) tersebut, 24 Desember 2019.

"Saya sendiri menghadiri peringatan Harjad Pemkab HST tersebut berserta istri (Hj Anni    Hanisyah) yang mewakili orang tuanya almarhum H Syarkawi yang pernah menjadi bupati setempat," demikian Suripno Sumas.

Sementara itu, selain Pilgub dan pemilihan wakil gubernur (Pilwagub) di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut tujuh di antaranya juga melaksanakan Pilkada 2020.

Ketujuh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, HST, Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan selebihnya, menurut rencana mengikuti Pilkada serentak secara nasional yang dijadwalkan Tahun 2024 yaitu Kabupaten Tanah Laut (Tala), Barito Kuala (Batola), Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Utara (HSU) dan Kabupaten Tabalong.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019