Kain khas Kalimantan Selatan yaitu sasirangan ternyata paling banyak dipesan oleh delegasi yang akan menghadiri puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Banjarbaru pada Jumat (20/12).

Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK Kalimantan Selatan Hj Raudatul Jannah dalam jumpa pers HKSN 2019 di gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel di Banjarmasin, Selasa (17/12). Menurut dia, event nasional HKSN jadi berkah tersendiri bagi para perajin sasirangan.

"Untuk seragam saja telah dipesan oleh Kementerian Sosial mencapai 5.000 baju. Belum lagi pesanan dari provinsi lain dan mereka yang datang beli sendiri. Mungkin mencapai 10.000 lebih kain sasirangan yang laku," kata Raudatul Jannah.

Ada lima perajin kain sasirangan yang diminta untuk memenuhi pesanan dari Kementerian. Para perajin pun diingatkan menjaga kualitas olahannya.

Karena menurut Raudatul Jannah, kualitas penting diperhatikan karena kain sasirangan menjadi ikon khas Kalimantan Selatan yang sekaligus mempertaruhkan nama baik daerah di mata masyarakat luar.

"Jangan sampai karena pesanan yang banyak, kualitas tidak dijaga. Nanti orang tidak akan membeli lagi jika berkunjung ke Kalsel," jelasnya.
Diakui istri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ini, pihaknya jauh-jauh telah memberitahu kepada perajin akan adanya event nasional skala besar yang dihadiri ribuan orang dari seluruh Indonesia.

Tak hanya perajin kain sasirangan, sejumlah perajin lainnya seperti anyaman purun hingga perajin batu mulia juga telah disebarluaskan informasi agar bersiap menyambut kehadiran tamu undangan dari penjuru tanah air.

"Dari setiap event nasional, efek domino peningkatan perekonomian masyarakat secara luas tentu jadi harapan kita. Apalagi hakikat Kesetiakawanan Sosial ini bukan awal dan akhir. Kita ingin ini berlanjut semangatnya harus tetap dijaga, satu kesatuan, satu komitmen dan satu kebersamaan untuk bisa berkontribusi terhadap kemajuan daerah melalui kekompakan,  kepedulian dan kegotongroyongan," pungkasnya.

Jumpa pers yang dimoderatori Ketua PWI Provinsi Kalimantan Selatan Zainal Helmie itu turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan Gusti Yanuar Noor Rifai dan Sekretaris Dinas Sosial Kalsel Diyah Anur Yani.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019