Komando Distrik Militer (Kodim) 1022 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memaknai hari pahlawan untuk membangkitkan nilai juang bagi seluruh prajurit TNI AD di wilayah "Bumi Bersujud" dengan membuka pasar murah dan panggung hiburan rakyat.

"Kegiatan ini dalam rangka mempererat emosional terhadap masyarat dan salah satu implementasi dari Kemanunggalan TNI dan rakyat," kata Kkmandan kodim 1022/TNB Letkol CZI Bintarto Joko Yulianto, di Batulicin, Ahad.
Dia mengatakan dalam agenda tersebut juga melibatkan Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian Perdagangan, BRI Cabang Tanah Bumbu, Kantor Bulog dan para pelaku Usaha Kecil Menenggah (UKM) untuk ikut andil dalam acara pasar murah.

Dijelaskan Dandim, merebut kemerdekaan tidak mudah, maka generasi saat ini perlu memaknainya sebagai semangat untuk meneruskan cita-cita para pahlawan untuk negeri ini.

Kini para pemuda dalam melanjutkan perjuangan pahlawan tidak perlu mengangkat senjata, melainkan ikut berpartisipasi menjaga dan berkarya di bidang masin-masing.

Memperingati hati juang pahlawan peringatan pada tahun-tahun berikutnya, tidak sekedar dilaksanakan upacara seremonial, namun harus dilanjutkan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan setiap warga negara.

Seluruh elemen masyarakat diharapkan ikut bersemangat bekerja membangun daerah, untuk mengisi kemerdekaan negara ini, termasuk dalam mewujudkan pembangunan di Kabuoaten Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan lebih maju dan sejahtera.

"Dalam hal ini sebelumnya Kodim 1022 TNB juga melaksanakan bakti sosial seperti bedah rumah, memberisihkan temoat ibadah, donor darah, pasar murah dimana sebagai wujid kemanunggalan TNI AD bersama masyarakat," pungkasnya.
(Antaranews Kalsel/sjd/ist)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019