Bunda PAUD Kabupaten Hulu Sungai Utara  Hj Anisah Rasyidah Wahid bersama Bunda PAUD Kalimantan Selatan Hj. Raudatul Jannah Sahbirin menerima penghargaan Himpaudi Award.

Penghargaan diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Exibition Room Balai Sidang Jakarta Convention Center, Kamis.

Award yang diperoleh Anisah bersama 35 bunda PAUD kabupaten/ kota se indonesia ini diraih atas peran serta dan dedikasi,  sinergi serta kolaborasi bunda PAUD dengan Himpaudi  dalam mewujudkan SDM unggul didaerah masing-masing.

Turut hadir mendampingi Bunda Paud HSU dalam acara penganugerahan Himpaudi Award tersebut Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik beserta Ketua DWP HSU Hj Raudhatul Munawarah Taufik, Kepala Dinas Pendidikan HSU Rahmat, Ketua Pokja 2 PKK Hj. Lailatanor Raudah beserta staf bidang PAUD dan Dikmas dan pengurus Himpaudi HSU.
 
Bunda PAUD Hulu Sungai Utara Dra Hj Anisah Rasyidah Wahid MAP menerima Himpaudi award 2019 yang bersama Bunda PAUD Kalsel Hj Raudatul Janah Sahbirin menerima penghargaan Himpaudi award 2019. (Istimewa)

"Terima kasih atas peran serta semua pihak terutama guru paud dan dinas pendidikan atas bantuan dan dukungannya hingga kita menerima Himpaudi Award 2019," ujar Anisah.

Sementara,  Bunda PAUD Kalsel Hj. Raudhatul Jannah Sahbirin atau biasa dipangil acil odah juga menghaturkan terima kasih kepada semua pejuang PAUD di Kalsel atas dedikasi dan pengorbanan selama ini. 

"Saya berharap award ini, dapat semakin memotivasi para pejuang PAUD di Kalsel untuk semakin meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik sebagai pendidik PAUD," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan HSU H. Rahmat  menjelaskan atad peran bunda PAUD sehingga Dinas Pendidikan dapat menjadi pelopor pelaksanaan peningkatan kompetensi bagi pendidik PAUD dan tenaga kependidikan.
 
. (Istimewa)

"Peran Ibu Anisah Wahid selaku Bunda PAUD sangat besar dalam memotivasi kami di Dinas Pendidikan sehingga bersemangat dalam mengembangkan pendidikan PAUD," kata Rahmat.

Rahmat menyampaikan, sebelumnya Anisah mendapat penghargaan dari Himpaudi Kalsel sebagai pembina PAUD terbaik dari 12 kabupaten/kota se Kalsel 2019.

Bahkan sejak 2016 sudah meraih penghargaan Bunda PAUD berprestasi dan Anisah dinilai konsisten dalam melakukan pembinaan lembaga PAUD.
 
Bunda PAUD HSU bersama Ketua Himpaudi, Kepala Dinas Pendidikan, Ketua DWP, Ketua Pokja II PKK seusai menerima award. (Istimewa)

Rahnat melanjutkan, dari 214 desa dan 5 kelurahan diKabupaten HSU sudah sebanyak 176 desa yang memiliki PAUD jadi tersisa 58 desa yang belum memiliki PAUD, namun sebanyak 43 desa memang tidak memiliki PAUD karena berdekatan jarak wilayah dengan desa lain serta sedikit jumlah peserta didiknya sehingga hanya efektif dibangun satu lembaga PAUD untuk dua desa.

"Melihat antusias masyarakat menyekolahkan anak dilembaga PAUD menunjukan  angka partisipasi kasar PAUD mencapai 80,37 persen," terangnya.

Melalui peran dan dukungan Anisah, kata Rahmat, pemerintah Kabupaten HSU juga setiap tahun mengalokasikan dari APBD untuk bantuan insentif bagi 800 orang pendidik PAUD sebesar Rp250 ribu per bulan, bagi yang bertugas di daerah terpencil lebih besar lagi.
 
Bunda PAUD HSU bersama Sekda HSU HM Taufik dan Ketua DWP HSU Hj Raudhatul Munawarah Taufik. (Istimewa)

Melalui dana APBD juga selalu dianggarkan bagi penyelenggaraan PAUD, pelatihan kompetensi tenaga pendidik PAUd dan pembangunan gedung.

Berbagai kemitraan dengan instansi pemerintah dilakukan untuk memajukan  pendidikan PAUD yakni Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Perempuan, pemberdayaan masyarakat, Dinas kesehatan, Lingkungan Hidup, Badan penyuluh, PUPR, Dekranasda, Himpaudi dan IGTKI.

"Kita juga bermitra dengan pihak swasta seperti PT Adaro Indonesia yang juga memberi bantuan untuk pengadaan sarana dan prasarana PAUD," kata Anisah.

Rahmat juga menyampaikan, kiprah Anisah dalam mengembangkan lembaga pendidikan PAUd juga mendapat perhatian Kementerian Pendidikan yang mengundang Hj Anisah Rasyidah  pada seminar nasional bertema pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK ramah anak usia dini di Hotel Grand Dafam Rohan 31 Oktober 2019 di Yogjakarta.
 
Bunda PAUD HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid bersama tropi award nya. (Istimewa)

"Anisah merupakan Bunda PAUD satu-satunya yang diundang pada acara seminar nasional tersebut," pungkasnya.

Secara keseluruhan, katanya, dengan melihat pengabdian Anisah selama ini, Isteri Bupati HSU memang layak mendapat apresiasi dan penghargaan dari Himpaudi pusat.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019