Oleh Imam Hanafi

Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Industri semen merk "Tiga Roda" PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, kembali menggiatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan cara memberdayakan para ibu rumah tangga di desa binaan.

Departemen Head CSR Indocement Plant Tarjun, Teguh Iman Basoeki, melalui press rilisnya, Jumat, menuturkan, para ibu rumah tangga yang belum memiliki keterampilan tersebut diberi pelatihan menjahit.

"Pelatihan menjahit tersebut hasil kerjasama Indocement dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri," ujar Teguh.

Selain pelatihan, Indocement dan PNMP juga memberikan delapan unit mesin jahit, dan satu unit mesin obras sebagai modal awal bagi pelaku UMKM.

"Pasca pelatihan ini, Indocement melalui program CSR akan membantu pinjaman modal kerja bagi warga atau UMKM di desa-desa binaan," jelasnya.

Teguh menambahkan, kegiatan tersebut merupakan realisasi Pilar Pendidikan dan Pilar pembangunan Ekonomi, dua dari lima pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan sebagai bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Produsen semen merk tiga roda tersebut.

Perusahaan bertujuan memberikan pengetahuan praktis dan peluang-peluang usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan sekitar operasional perusahaan, khususnya ekonomi yang terkait dengan usaha mikro atau usaha kecil, agar masyarakat bisa mandiri.

Dengan mandiri tersebut, terbentuklah kelompok-kelompok usaha mikro sebagai upaya untuk menciptakan unit-unit Usaha mikro Kecil dan Menengah.

Instruktur Pelatihan, Siti Asmadah, menjelaskan materi yang diberikan kepada para peserta meliputi, mengenal jenis bahan baku, pengukuran, pengolahan pola dasar, pengoperasian mesin jahit, obras, pola baju, celana, pola rok, rok panjang dan evaluasi kerja penjahitan.

"Sebelumnya, kami tidak tahu tentang menjahit, bahkan pesimis bisa menjahit, karena menurut kami menjahit adalah hal yang sangat sulit," ucapnya.

Kepala Desa Tarjun, Sahrani , menambahkan, pelatihan menjahit ini memiliki prospek yang sangat bagus, mengingat di sekitar DesaTarjun terdapat dua perusahaan besar, yakni pabrik semen dan pabrik minyak goreng PT Smart.

"Setelah warga benar-benar mahir menjahit, kami akan menawarkan kerjasama dengan dengan pihak ketiga, terutama perusahaan produsen semen tiga roda," tambahnya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013