Oleh Ulul Maskuriah

Barabai, (AntaranewsKalsel) - Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, berkomitmen ikut menyukseskan Pemilu Legislatif 2014 antara lain dengan menciptakan suasana aman dan kondusif.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten HST Suryatin Hidayah di Barabai, Kamis, mengungkapkan, KNPI akan membantu untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat berperan aktif dalam Pemilu Legislatif 2014.

"Sebagai organisasi kepemudaan kita akan ikut serta dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014, yaitu dengan menciptakan suasana aman dan kondusif," katanya.

Selain itu, tambah dia, KNPI juga akan terus mengembangkan organisasi kepemudaan secara profesional, dan menjadikan KNPI sebagai organisasi yang egaliter dan bukan organisasi elite maupun ekslusif.

Pernyataan Ketua KNPI tersebut disampaikan saat melantik Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI se-kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang terdiri atas sebelas kecamatan di Pendopo Bupati HST.

Dayah panggilan akrab Suryatin Hidayah berharap agar pengurus DPK mempunyai komitmen untuk memajukan organisasi KNPI ke arah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan pengurus DPD dan pemerintah kecamatan.

Sinergi tersebut, tambah dia, khususnya dalam rangka menyukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan di Kabupaten HST ini serta dapat memberi kontribusi yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"Saya mengharapkan agar semangat kepeloporan kita sebagai pemuda dapat dijadikan sebagai acuan DPK untuk merumuskan program-program kerja yang menyentuh langsung kepentingan pemuda dan masyarakat yang ada di kecamatan masing-masing," katanya.

Selain itu, KNPI juga harus mampu mampu memfasilitasi terciptanya lapangan kerja bagi pemuda dan masyarakat di kecamatan masing-masing.

Bupati HST H Harun Nurasid berharap agar DPD dan DPK KNPI HST mempunyai keseragaman gerak agar tercipta pola kerja yang sinergis berdasarkan prinsip-prinsip kemitraan dengan OKP.

Selain itu, diharapkan KNPI juga mampu bermitra dengan pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya dalam melakukan kerja-kerja organisasi dengan tetap dilandasi prinsip independensi serta aturan main organisasi.

"Konsolidasi organisasi harus merupakan target utama KNPI periode ini dalam upaya menjadikan DPK KNPI sebagai wadah berhimpun dan berproses elemen pemuda di tingkat kecamatan," katanya.

Dalam laporan H Johar Arifin selaku ketua pelaksana menyebutkan bahwa jumlah pengurus DPK yang dilantik adalah 166 orang yang terdiri atas sebelas kecamatan, satu DPK mempunyai pengurus sekitar 15 orang dengan komposisi 12 orang pengurus Harian dan tiga orang dewan penasehat dari unsur camat dan tokoh-tokoh masyarakat.

"Musyawarah Kecamatan telah kami laksanakan sejak tanggal 2 juli 2013 di Kecamatan Pandawan dan berlanjut ke kecamatan lainnya hingga terakhir di kecamatan Batang Alai Timur pada tanggal 3 Agustus 2013 dengan menghasilkan pemuda-pemuda pilihan yang siap menjalankan tugas organisasi," katanya ungkapnya.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013