Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Jemaah calon haji kelompok terbang 1 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis malam pukul 22.20 Wita diberangkatkan ke Jedah Madinah untuk memulai rangkaian ibadah haji.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Syukeriansyah di Banjarbaru, Kamis mengatakan, jadwal keberangkatan jemaah tidak mengalami perubahan.

"Keberangkatan sesuai jadwal pukul 22.20 Wita pesawat lepas landas dari landasan pacu Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah," ujarnya.

Jemaah kloter perdana yang siap diberangkatkan berjumlah 324 orang terdiri dari jemaah asal Kabupaten Hulu Sungai Utara sebanyak 177 orang dan Kota Banjarbaru 142 orang serta lima orang petugas haji.

Ia mengatakan, pelepasan jemaah calon haji sebelum pesawat lepas landas dilakukan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin didampingi Wakil Gubernur Rudy Resnawan dan Kepala Kementerian Agama Kalsel Abdul Halim H Ahmad.

Dijelaskan, sebelum berangkat menuju bandara, jemaah yang sudah menjalani karantina selama satu hari di asrama haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru mengikuti acara pelepasan di aula pemberangkatan.

Usai acara pelepasan, pukul 20.45 Wita setiap jemaah diperiksa paspor kemudian naik bus yang langsung menuju bandara dan langsung naik pesawat yang lepas landas pukul 22.20 Wita.

"Penerimaan dan pelepasan jemaah merupakan prosedur tetap yang harus diikuti setiap jemaah calon haji sehingga mereka tidak mengalami kendala selama menjalankan ibadah di tanah suci," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya mendapat informasi mengenai suhu udara di Arab Saudi yang cukup panas di siang hari dan bisa berubah dingin malam hari sehingga jemaah diingatkan bersiap-siap menghadapi kondisi tersebut.

"Suhu udara di Arab Saudi bisa mencapai 34 derajat karena tengah mengalami musim panas sehingga kami mengimbau jemaah mengurangi ibadah sunat sehingga kondisi fisik tetap terjaga," katanya.***4***





Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013