Oleh Ulul Maskuriah

Barabai, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan meminta agar masyarakat tidak terpengaruh dengan calo yang menjanjikan para pelamar bisa lulus menjadi pegawai negeri sipil asalkan membayar dengan sejumlah uang.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah Hulu Sungai Tengah H Mahyudin di Barabai, Selasa mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan beberapa warga mengaku mengenal dengan pejabat tertentu dan menjajikan untuk bisa masuk PNS.

"Masyarakat jangan mudah terpengaruh apalagi tertipu dengan iming-iming calo yang mungkin akan memanfaatkan kesempatan," katanya.

Pernyataan Mahyudin tersebut disampaikan, terkait dibukanya pendaftaran CPNS di Kabupaten HST mulai 16 September 2013 di kantor BKD dan beberapa tempat yang ditentukan.

Pada penerimaan calon pegawai negeri sipil pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah hanya mendapatkan formasi penerimaan sebanyak 40 orang, seluruhnya adalah untuk penerimaan guru.

Menurut Mahyudin, formasi CPNS tahun ini berjumlah 40 orang tenaga pendidik yang terdiri dari tenaga guru kelas sebanyak 34 orang, dan tenaga Guru Mata Pelajaran sebanyak 6 orang," katanya.

Diharapkan, para calon pelamar segera mempersiapkan berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan pada saat pendaftaran nanti.

"Informasi mengenai persyaratan untuk CPNS sendiri sudah dapat dilihat di papan pengumuman kantor BKD HST di jalan Perwira No.15," katanya.

Sedangkan untuk tes, akan dilaksanakan sesuai prosedur dan ketentuan secara transparan, para peserta diharapkan mempersiapkan syarat administrasi dan diri serta mental untuk menghadapi tes.

Tampak beberapa masyarakat yang ingin mengikuti CPNS sudah mengecek informasi tenaga yang dibutuhkan yang sudah tertera di papan pengumuman kantor BKD HST.

Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kalimantan Selatan akan digelar 3 November mendatang.

Sementara pendaftaran CPNS sudah dimulai dari awal hingga akhir September ini sesuai formasi pada masing-masing daerah kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

"Setelah masa pendaftaran berakhir, pada 3 November tes dilaksanakan secara serentak bagi CPNS dengan sistem lembar jawaban komputer atau LJK," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Selatan, Thamrin, di Banjarmasin, Rabu .

Menurut Thamrin, pada pelaksanaan penerimaan CPNS kali ini, pemerintah pusat memberikan dua opsi model tes seleksi CPNS yaitu bisa dengan tes tertulis seperti yang sebelumnya atau dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Khusus Kalsel, kata dia, hanya Pemerintah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru yang menyatakan siap menerapkan CAT ini, sedangkan daerah lainnya kemungkinian tetap menggunakan cara lama atau tertulis.

  Menurut Thamrin, dua model tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu dengan CAT hasil yang diperoleh lebih obyektif, pelamar akan langsung tahu nilai atau skornya, sehingga pada saat pengumuman tinggal melihat skor nilainya masuk atau tidak.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013