Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meminta pendidikan berkarakter yang menjadi visi misinya dalam memimpin Kota Banjarbaru terus ditingkatkan sehingga menjadi ciri khas siswa di kota itu.

"Pendidikan berkarakter merupakan visi misi kami di bidang pendidikan sehingga harus ditingkatkan agar melahirkan siswa yang tinggi ilmu pengetahuan juga baik akhlaknya," ujarnya di Banjarbaru, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikannya, di depan guru, camat dan lurah serta anggota forum orang tua siswa di Aula serba guna SMPN 5 Kota Banjarbaru pada kegiatan pembinaan karakter dan sekolah adiwiyata.

Ditekankannya, pembentukan karakter sejak dini sangat diperlukan karena berdasarkan pada fakta dan persepsi masyarakat tentang menurunnya kualitas sikap dan moral generasi muda yang terjadi saat ini.

Baca juga: Wali Kota terima penghargaan Ki Hajar Dewantara 2019

"Oleh karena itu, sangat diperlukan dukungan dari berbagai pihak baik orang tua dan guru di sekolah agar bisa membina karakter anak didiknya sehingga tinggi ilmunya dan baik akhlaknya," ucapnya.

Disebutkannya, ada lima nilai utama pendidikan karakter yang terus dikembangkan di dunia pendidikan, yakni religius, berakhlak mulia,cinta tanah air, cinta lingkungan, dan berjiwa mandiri.

Semua itu, tidak dapat dipisahkan dari peran guru karena dari sentuhan seorang guru lahir sumber daya manusia yang berkualitas. Itu semua membuktikan besarnya peranan guru bagi kemajuan suatu bangsa.

"Guru ujung tombak mencerdaskan generasi penerus bangsa sehingga kami minta guru, tenaga pendidik, dan orang tua melakukan tugasnya maksimal memberikan pelajaran bagi anak didiknya," pesan dia.

Terkait sekolah adiwiyata, wali kota mengatakan, program adiwiyata bertujuan mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

"Kami berharap guru dan tenaga pendidik lain mampu membangun kesadaran siswanya untuk cinta lingkungan dan kebersihan sehingga terwujud tujuan utama dari program Adiwiyata," katanya.

Baca juga: Banjarbaru dinilai tim Dwija Praja Nugraha

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019